SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROYEK : KONSEP DAN PENERAPAN SCADA DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG

MOHAMMAD WAFA

Abstrak


ABSTRAK

 

Wafa, Mohammad. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek : Konsep dan Penerapan SCADA  Di Jurusan Teknik Elektro . Skripsi  Jurusan Teknik Elektro , Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)  Drs. Slamet Wibawanto, M.T. (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T. 

 

Kata Kunci:  Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA), Bahan Ajar, Pembelajaran Berbasis Proyek

 

            Berdasarkan kurikulum 2015 Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro (S1-PTE) Jurusan Teknik Elektro-Fakultas Teknik-Universitas Negeri Malang (TE-FT-UM) pada matakuliah SCADA, mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi yaitu: (1) mahasiswa dapat menguasai konsep dasar sistem SCADA dan mampu mendesain arsitektur sistem SCADA sederhana, (2) mahasiswa dapat memahami komponen-komponen sistem kontrol dan mampu mendesain arsitektur sistem SCADA menggunakan komponen seperti Piranti I/O, Kontroler, dan Human Machine Interface (HMI), (3) mahasiswa dapat memprogram Sistem SCADA dan komunikasi sistem SCADA, dan (4) mahasiswa mahir dalam merancang dan memprogram aplikasi SCADA yang kompleks. Analisis katalog Program Studi S1-PTE menunjukkan pentingnya penguasaan SCADA dalam pendidikan. Berdasarkan observasi serta diskusi dengan dosen pengampu mata kuliah, di jurusan Teknik Elektro bahan ajar SCADA masih kurang. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan dikembangkan bahan ajar SCADA yang mendukung proses pembelajaran dilingkup Pendidikan Teknik Elektro.

            Penengembangan dan penelitian ini bertujuan, (1) Merancang dan membuat bahan ajar cetak Konsep dan Penerapan SCADA pada mata kuliah  SCADA untuk Program Studi S1-PTE, dan (2) membuktikan bahwa bahan ajar berbasis proyek: Konsep dan Penerapan SCADA layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran pada Program Studi S1-PTE Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Bahan ajar dikembangkan menggunakan model pengembangan Dick and Carrey. Langkah-langkah pengembangannya yaitu: (1) mengidentifikasi tujuan umum, (2) melaksanakan analisis pembelajaran, (3) mengidentifikasi tingkah laku dan karakteristik, (4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus, (5) mengembangkan instrumen uji coba (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran, (8) mengembangkan dan melaksanakan evaluasi formatif, (9) merevisi bahan ajar, (10) mengembangkan dan melaksanakan evaluasi summatif.

Bahan ajar yang dikembangkan ialah bahan ajar cetak yang mencakup materi yang terdiri dari materi konsep sistem SCADA, Komponen sistem SCADA, Aplikasi  Sistem SCADA dan Proyek Lanjutan. Bagian-bagian dari bahan ajar Konsep dan Penerapan SCADA terdiri dari : (a) halaman sampul, (b) kata pengantar, (c) daftar isi, (d) pendahuluan yang berisi dengan deskripsi judul, prasyarat, tujuan akhir kompetensi, dan petunjuk penggunaan buku, (e) materi utama yang berisi tujuan, uraian materi, rangkuman dan soal pendalaman, (f) proyek lanjutan yang kompleks dan (g) daftar referensi. Bahan ajar telah di validasi oleh ahli serta telah diuji cobakan kepada mahasiswa melalui uji kelayakan dan uji efektivitas. Analisis uji coba perseorangan ahli secara keseluruhan mendapatkan nilai 3,48 (sangat valid), Analisis uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai 3,36 (tidak perlu revisi), dan Analisis uji lapangan mendapatkan nilai 3,35 (tidak perlu revisi). Berdasarkan kriteria kelayakan dan nilai analisis pada berbagai uji coba, bahan ajar dinyatakan sangat valid dan sangat layak. atas dasar uji coba lapangan, nilai mahasiswa minimal 71 (Kategori B) termasuk dalam kategori efektif. Berdasarkan hasil tersebut, buku ajar dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di TE-FT-UM.