SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Penggunaan Modul Praktik Mata Pelajaran Pemrograman Web Dinamis dengan Model Pembelajaran PAIKEM Kelas XI RPL SMK Negeri 8 Malang

RONA SALWA IHDINA

Abstrak


ABSTRAK

 

Ihdina, Rona Salwa. 2017. Evaluasi Penggunaan Modul Praktik Mata Pelajaran Pemrograman Web Dinamis dengan Model Pembelajaran PAIKEM Kelas XI RPL SMK Negeri 8 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom., (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T.,M.Kom.

Kata kunci: Analisis Jalur, Model Pembelajaran PAIKEM, Modul

Hasil pengamatan selama melaksanakan Kuliah Pengalaman Lapangan (KPL) di SMK Negeri 8 Malang, menyimpulkan bahwa belum efektifnya modul praktik yang digunakan oleh siswa. Hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang terarah saat melaksanakan praktik. Modul praktik yang diberikan oleh guru berupa modul PDF, dan dipadu dengan model pembelajaran PAIKEM.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui beberapa hal, yang mencakup seberapa besar kontribusi penerapan model pembelajaran, dan kontribusi modul praktik yang digunakan siswa terhadap hasil belajar siswa.

Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis jalur (path analysis). Hubungan antar variabel yang ditunjukkan oleh masing-masing variabel sesuai dengan yang digambarkan pada diagram path, yakni: terdapat variabel bebas berupa penerapan model pembelajaran, variabel intervening berupa penggunaan modul praktik, dan variabel terikat berupa hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut: yang pertama, penerapan model pembelajaran PAIKEM tidak memiliki kontribusi secara langsung yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Pada hasil penelitian melalui analisis angket, siswa masih kurang merasakan pembelajaran yang “menyenangkan”, sehingga belajar di kelas menjadi dirasa kurang nyaman, dan memahami materi menjadi tidak maksimal.

 Hasil yang kedua menyatakan penggunaan modul praktik tidak memiliki kontribusi secara langsung yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Pada hasil penelitian melalui analisis angket, penggunaan modul praktik kurang maksimal karena kurangnya ilustrasi materi atau contoh sehari-hari yang dapat membantu pemahaman siswa.

Hasil yang ketiga menyatakan penerapan model pembelajaran memiliki kontribusi secara langsung yang signifikan terhadap penggunaan modul praktik. Hal tersebut membuktikan bahwa modul praktik telah dimanfaatkan dengan baik bersamaan dengan penerapan skenario pembelajaran PAIKEM.

Hasil yang terakhir menyatakan penerapan model pembelajaran tidak berkontribusi yang signifikan terhadap hasil belajar siswa melalui penggunaan modul praktik. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, yaitu hasil belajar siswa dipengaruhi media pembelajaran selain modul yang digunakan, seperti modul online yang diakses secara mandiri, maupun dari berbagai sumber lainnya, dan penerapan model pembelajaran yang kurang maksimal bagi siswa.