SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Matakuliah Workshop Jaringan Komputer Berbasis Android untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang

YANAR WAHYU HERTOMO

Abstrak


ABSTRAK

 

Hertomo, Yanar Wahyu. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Matakuliah Workshop Jaringan Komputer Berbasis Android untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muladi, S.T., M.T. (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom.

Kata kunci: media pembelajaran, pengembangan, Android, jaringan, matakuliah.

 

Universitas Negeri Malang sebagai salah satu perguruan tinggi yang mencetak calon pengajar yang kedepannya mengemban tugas untuk mengembangkan potensi dari para penerus bangsa. Mahasiswa khususnya yang berjurusan Pendidikan dituntut untuk dapat melakukan kegiatan belajar mengajar yang membuat siswa mudah memahami, dan antusias dalam pembelajaran. Salah satu inovasi di dalam pembelajaran adalah dengan mempersiapkan media pembelajaran yang menarik dan mudah dimengerti oleh peserta didik.

Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian ADDIE dengan tahapan (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develope), (4) implementasi (implementation) dan (5) evaluasi (evaluate). Pada tahapan pengumpuland data, data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dijadikan dasar untuk membuat perencanaan berupa story board media pembelajaran. Produk yang telah dirancang dan dibuat kemudian di validasi pada ahli materi dan media. Uji coba kelompok kecil dan kelompok besar dilakukan pada mahasiswa PTI yang telah menempuh mata kuliah Workshop Jaringan Komputer. Untuk instrumen pengujian digunakan angket/kuisioner, angket dibuat menggunakan BSNP sebagai dasar pembuatan. Hasil validasi media pembelajaran yang dikembangkan diperoleh persentase sebesar 88.2% dari ahli media, dan dari ahli materi diperoleh persentase sebesar 75%. Media pembelajaran yang telah direvisi diujikan pada kelompok kecil dalam penelitan ini subjek ujicoba sebanyak 10 orang peserta didik, dari uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 80.1%. Hasil validasi dijadikan dasar untuk melakukan revisi pada produk. Uji kelompok besar dengan 40 Mahasiswa dilakukan dan mendapatkan persentase sebesar 82.5%. Dari data tersebut digunakan untuk melakukan revisi terakhir.

Setelah didapatkan hasil validasi media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh 88,2 dari ahli media, validasi dari ahli materi sebesar 75% sedangkan persentase uji coba 1 dan 2 sebesar 80,1% dan 82.5% sehingga jika dirata-rata diperoleh persentase sebesar 81,3 dengan tingkat kelayakan sangat tinggi. Dengan demikian, media pembelajaran Workshop Jaringan Komputer sangat layak digunakan dalam pembelajaran.