SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Instalasi Kendali Elektromagnetik Di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang

Gigih Candra Mukti

Abstrak


ABSTRAK

 

Candra, Gigih. 2017. Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Instalasi Kendali Elektromagnetik Di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. Dwi Prihanto, S.ST.,M.Pd. (2) Dr. H. Hakkun Elmunsyah, S. T., M. T.

Kata Kunci: Problem based learning, aktivitas belajar dan hasil belajar

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran instalasi kendali elektromagnetik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan model PTK yang digunakan mengacu pada model Kemmis & Taggart. Latar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran masih mengacu pada guru, sehinga kebanyakan siswa hanya mendengarkan saja dan kurang aktif dalam proses belajar, hal itu juga berpengaruh pada hasil belajarnya, dari observasi yang dilakukan masih 48% siswa yang memenuhi KKM.

Analisis data dilakukan dengan  perbandingan antara hasil tes pada siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 dengan teknik deskriptif. Artinya dari data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada dan mendiskripsikanya. Sedangkan untuk mengukur prestasi belajar siswa menggunakan sistem rata-rata kelas pada hasil evaluasi tiap siklus.
         Penerapan Model PBL pada siswa kelas XI Listrik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mempelajari dan menguasai mata pelajaran instalasi motor listrik. Dampak ini terlihat dari rata-rata semua indikator aktivitas belajar siswa yang terus meningkat dari siklus I sampai siklus III yaitu 72.97%, 79.72 dan 85.76%. Penerapan Model PBL pada siswa kelas XI Listrik SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan pada hasil belajar ranah pengetahuan dengan adanya kenaikan jumlah siswa yang tuntas diatas KKM dari siklus I sampai siklus III. Selain itu skor yang diperoleh siswa dari posstest setiap siklusnya mengalami kenaikan yaitu 53.49% pada siklus I, 79.10% pada siklus II, dan 100% pada siklus III. Hasil belajar ranah sikap juga meningkat pada setiap siklus yaitu pada siklus I sebesar 72.96%, pada siklus II sebesar 79.38%, dan pada siklus III sebesar 88.95%. Hasil belajar ranah keterampilan dibuktikan dengan meningkatnya skor yang diperoleh pada setiap indikator, pada siklus I sebesar 70.15%, pada siklus II sebesar 77.71%, dan pada siklus III sebesar 87.59%.