SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Modul di SMK Negeri 11 Malang

Ahmad Luqman Hakim

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Hakim, Ahmad Luqman. 2017. Pengembangan Modul Ajar Jaringan Dasar di SMK Negeri 11 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmantara, M.Pd., (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T, M.Kom.

 

Kata kunci: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Jaringan Dasar.

 

       Berdasarkan hasil observasi awal di SMK Negeri 11 Malang, kegiatan pembelajaran di kelas dilaksanakan dengan metode ceramah dan praktek. Peserta didik menemui kendala ketika harus melanjutkan belajar di rumah. Tugas-tugas rumah yang diberikan oleh peserta didik tidak dapat dikerjakan dengan baik oleh peserta didik. Selanjutnya peneliti melakukan wawancara kepada guru kelas dan kepala prodi untuk tidak lanjut hal tersebut, dan didapatkan bahwa belum ada fasilitas yang bisa digunakan untuk belajar di rumah dan salah satu yang belum ada adalah untuk mata pelajaran Jaringan Dasar. Setelah proses wawancara tersebut, dapat disimpulkan bahwa peserta didik kurang bisa belajar denga baik saat di rumah. Akibatnya tujuan dari proses pembelajaran dirasa kurang optimal. Tujuan penelitian ini  untuk mengembangkan modul ajar pada Matapelajaran Jaringan Dasar untuk kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 11 Malang dan untuk mengetahui kelayakan modul sehingga modul siap digunakan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan desain dari Borg and Gall. Tahapan-tahapan penelitian dan pengembangan yang dilakukan yaitu: (1) Research and Information Collecting, (2) Planning, (3) Develop Preliminary Form of Product, (4) Preliminary Field Testing, (5) Main Product Revision, (6) Main Field Testing, (7) Operational Product Revision, (8) Operational Field Testing, (9) Final Product Revision, (10) Dissemination and Implementation. Sebelum digunakan, modul ajar dilakukan validasi dan pengujian. Pada tahap validasi, dilakukan kepada tiga validastor, yaitu ahli materi, ahli media dan pengguna, untuk pengguna dibagi menjadi dua, yaitu uji coba awal dan uji coba utama.

 

Hasil produk yang dikembangkan berupa modul ajar siswa dan modul ajar pegangan guru yang disesuaikan dengan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013. Pada tahap validasi ahli didapat 93.84 % untuk ahli media dan 76.52% dari ahli materi. Pada tahapan uji coba awal, perolehan persentase sebesar 81% dari total 10 siswa sebagai responden. Pada tahapan uji coba utama, diperoleh hasil persentase sebesar 79,8% dari total 25 siswa sebagai responden. Dari rata-rata tiga data tersebut didapatkan 83,39%. Berdasarkan Hasil tersebut dan melihat kriteria validitas dari akbar, modul ini dinyatakan Cukup Valid atau dapat digunakan dengan revisi kecil.