SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar pada Matakuliah Workshop Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik untuk Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Rony Firmanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Firmanto, Rony. 2017. Pengembangan Buku Ajar pada Matakuliah Workshop Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik untuk Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd. (II) Drs. Hari Putranto. 

 

 

Kata kunci : buku ajar, workshop perawatan dan perbaikan peralatan listrik, Sadiman.

                                                                                                                                    

Bahan ajar merupakan segala bahan (baik informasi, alat maupun teks) yang disusun secara sistematis, yang menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai peserta didik dan digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran. Buku ajar adalah buku yang berisi ilmu pengetahuan, yang diturunkan dari kompetensi dasar yang tertuang dalam kurikulum, di mana buku tersebut digunakan oleh peserta didik untuk belajar.

Workshop perawatan dan perbaikan peralatan listrik adalah matakuliah yang memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang perbaikan alat-alat listrik sehari-hari. Baik secara teori maupun prakteknya dalam keseharian. Materi yang disajikan pada bahan ajar ini antara lain: (1) pemeliharaan dan perbaikan perangkat instalasi; (2) pemeliharaan dan perbaikan mesin-mesin listrik; (3) pemeliharaan dan perbaikan trafo; (4) pemeliharaan dan perbaikan peralatan rumah tangga.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan Sadiman, yang terdiri dari (1) identifikasi kebutuhan; (2) perumusan tujuan; (3) perumusan butir-butir materi; (4) perumusan alat pengukur keberhasilan;  (5) penulisan naskah media; (6) produksi; (7) tes/ujicoba; (8) revisi; (9) produk siap dimanfaatkan. Proses revisi dilakukan dilakukan berulang-ulang sehingga diperoleh produk yang diharapkan, yaitu bahan ajar berupa modul ajar matakuliah perawatan dan perbaikan peralatan listrik untuk mahasiswa teknik elektro FT UM. Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari ahli materi, ahli media dan audiens/mahasiswa. Setelah data uji coba didapat, maka dilakukan pengolahan data. Hasil data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase.

Uji coba yang dilaksanakan terdiri dari tiga tahap, yaitu: (1) desk evaluation ahli materi dan ahli media; (2) uji coba kelompok kecil, serta; (3) uji coba kelompok besar. Uji coba menggunakan instrumen angket dengan skala likert. Hasil analisa digunakan untuk menentukan kelayakan media sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan.

Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, didapat persentase hasil desk evaluation ahli media sebesar 83%, desk evaluation ahli materi sebesar 96%, kelompok kecil 92%, serta kelompok besar sebesar 90%.