SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Digital Sistem Komputer untuk Program Keahlian TKJ Kelas X SMK

Gardenia Sendy Ayu Carolina

Abstrak


ABSTRAK

 

Carolina, Gardenia Sendy Ayu. 2017. Pengembangan Buku Digital Sistem Komputer Untuk Program Keahlian TKJ Kelas X SMK.Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muladi, S.T., M.T. (2) Dr. Eng. Siti Sendari, S.T., M.T.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Sistem Komputer, Buku Digital.

 

            Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 8 Malang Kelas X Program Keahlian TKJ pada mata pelajaran sistem komputer, guru menyebutkan bahwa ada keterbatasan media pembelajaran yang digunakan saat menyampaikan materi kepada siswa. Siswa juga kesulitan untuk mencari referensi tambahan diluar dari materi yang telah disampaikan oleh guru. Selain itu sekolah yang berpredikat adiwiyata sehingga meminimalisir penggunaan kertas juga menjadi kendala tersendiri. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran sistem komputer berupa buku digital untuk Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan sebagai sumber belajar mandiri dengan mengemas materi dan video penunjang dengan melibatkan adanya interaksi antara media pembelajaran dan siswa.

Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE. Tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi (1) tahap analisa (Analysis), (2) tahap desain/perancangan (Design), (3) tahap pengembangan (Development), (4) tahap implementasi (Implementation), dan (5) tahap evaluasi (Evaluation). Tahap uji coba produk yang dilakukan dalam penelitian ini sebelumnya harus divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang memang ahli dalam bidangnya, selanjutnya dilakukan tahap uji coba yang terbagi menjadi 2 tahapan yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.Pengambilan data validasi pada pengembangan ini menggunakan angket. Angket yang digunakan meliputi angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, dan angket uji coba kepada siswa.

Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu, (1) produk berupa media pembelajaran sistem komputer berupa buku digital, (2) hasil persentase validitas oleh ahli media sebesar 88%, (3) hasil persentase validitas oleh ahli materi sebesar 90%, (4) hasil persentase validitas pada uji coba kelompok kecil sebesar 85,21%, dan (5) hasil persentase validitas pada uji coba kelompok besar sebesar 86,41%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran sistem komputer berupa buku digital untuk kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan layak digunakan dalam proses pembelajaran.