SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK PGRI 3 MALANG

Ristian Ano Swari

Abstrak


ABSTRAK

 

Swari, Ristian Ano. 2017. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Instalasi Listrik pada Siswa kelas X di SMK PGRI 3 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suwasono, M.T.,(II) Drs. Hari Putranto, M.Pd

 

Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Instalasi Listrik

 

Berdasarkan observasi pada peserta didik kelas X SMK PGRI 3 Malang diperoleh bahwa indikator rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh: (1) metode pembelajaran yang digunakan oleh guru diantaranya ceramah, tanya – jawab dan penugasan; (2) kurang adanya interaksi antara siswa dan guru sehingga membuat siswa jenuh; (3) terdapat beberapa peserta didik yang bosan dan akhirnya bermain gadget dengan alasan agar tidak mengantuk dan kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran instalasi listrik sehingga siswa kurang tanggap dalam merespon pertanyaan yang diberikan guru.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah pada model pembelajaran yang belum bisa diikuti siswa dengan baik. Pembelajaran berbasis proyek dipilih sebagai langkah untuk memperbaiki masalah-masalah yang timbul pada proses pembelajaran yang berlangsung untuk membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik yang belum optimal akibat metode pembelajaran yang kurang tepat.

Penelitian ini menggunakan model siklus spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Model ini terbagi menjadi tahap tahap, meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.

Penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IP-A SMK PGRI 3 Malang pada mata pelajaran Instalasi listrik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil belajar pada siklus I untuk ranah pengetahuan adalah 77,84%, ranah sikap mencapai 80,56% dan ranah keterampilan mencapai 83,87%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus II pada ranah pengetahuan adalah    89,73%, ranah sikap mencapai 93,23% serta ranah keterampilan mencapai 91,80%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus III pada ranah pengetahuan adalah 96%, ranah sikap 96% dan ranah keterampilan mencapai 96%.