SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK PGRI 3 MALANG

Ristian Ano Swari

Abstrak


ABSTRAK

 

Swari, Ristian Ano. 2017. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Instalasi Listrik pada Siswa kelas X di SMK PGRI 3 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suwasono, M.T.,(II) Drs. Hari Putranto, M.Pd

 

Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Instalasi Listrik

 

Berdasarkan observasi pada peserta didik kelas X SMK PGRI 3 Malang diperoleh bahwa indikator rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh: (1) metode pembelajaran;(2) kurang adanya interaksi antara siswa dan guru; (3) kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran instalasi listrik.

Pembelajaran berbasis proyek ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah yang timbul pada proses pembelajaran untuk membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik yang belum optimal.

Penerapan modelProject Based Learningdapat meningkatkan hasil belajar, interaksi siswa, dan partisipasi siswa kelas X IP-A SMK PGRI 3 MalangpadamatapelajaranInstalasilistrik. Hal ini ditunjukkan olehhasil belajar yang mengalami peningkatan di tiap siklusnya