SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Aplikasi Rute Angkutan Kota Malang Berbasis Android

Wahyu Nur Adi

Abstrak


ABSTRAK

 

Adi, Wahyu Nur. 2017. Pengembangan AplikasiRute Angkutan Kota Malang Berbasis Android. Skripsi, Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Triyanna Widyaningtyas, S.T., M.T., (2)I Made Wirawan, S.T., S.ST., M.T.

 

Kata Kunci:Pengembangan, Aplikasi, Android.

 

Kota Malang memiliki kurang lebih 62 perguruan tinggi negeri maupun swasta. Setiap tahunnya akan ada calon mahasiswa-mahasiswa baru yang datang dari berbagai kota untuk melanjutkan pendidikan di kota Malang. Banyaknya mahasiswa di kota Malang ini membuat kebutuhan akan angkutan kota di kota Malang menjadi sangat penting, karena banyak mahasiswa-mahasiswa pendatang dari luar kota yang tidak membawa kendaraan pribadi. Pada umumnya seringkali para pendatang memiliki beberapa permasalahan khususnya tentang rute angkutan di kota Malang. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan tersedianya informasi tentang rute angkutan pada aplikasi mobile, sehingga informasi tentang rute angkutan dengan cepat, mudah dan gratis tanpa perlu berselancar di dunia maya. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk merancangdanmengimplementasikanaplikasiRuteAngkutan Kota Malang BerbasisAndroid.

Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan waterfall. Model pengembangan ini memiliki tahapan antara lain: (1)requirement definition (2) design system and software (3) implementation and unit testing (4) integration and system testing. (5) operation and maintenance.Aplikasi yang sudahdikembangkandilakukan proses validasidanpengujianlapanganmenggunakanmetodewebqual dengan menganalisa aspek usability,information quality dan interaction quality. Uji coba dilakukan dengan menyebarkan checklist uji coba fungsionalitas kepada ahli rekayasa perangkatlunakdanmasyarakatumum di kota Malang.

Pada penelitian pengembangan ini telah dihasilkan sebuah produk berupa aplikasi rute angkutan kota Malang berbasis android..Hasilvalidasiolehrekayasaperangkatlunakdiperolehskor 3.57.Hasilujicobalapanganterhadapmasyarakatumumdiperolehskor 3.71.BerdasarkanhasiltersebutdapatdikatakanbahwaaplikasiRuteAngkutan Kota Malang memilikikriteriasangatbaikdanlayakdigunakanolehmasyarakatkota Malang.