SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Presensi Kehadiran Siswa Menggunakan Aplikasi Presensi Siswa Digital Berbasis Android dan Website

Mochamad Arif Darmansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Darmansyah, Mochammad Arif. 2017. Presensi Kehadiran Siswa Menggunakan Aplikasi Presensi Siswa Digital Berbasis Android dan Website. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Didik Dwi Prasetya S.T., M.T, (II) M. Zainal ArifinS.Si., M.Kom.

 

Kata Kunci: Android, NFC, Presensi.

 

Di sekolah, guru memeriksa kehadiran siswa dengan memanggil satu per satu siswa yang hadir. Data yang diperoleh diolah oleh pegawai administrasi untuk dimasukkan ke jurnal yang kemudian dibuat laporan perkembangan siswa. Kondisi seperti itu sangat merepotkan, karena harus melalui tahap pengolahan data yang berlapis. Oleh karenanya, dibutuhkan sebuah solusi agar pekerjaan tersebut menjadi ringan dan cepat. Solusi yang paling mudah adalah tersedianya alat bantu presensi digital yang dapat menangkap data kehadiran siswa dan mengolahnya menjadi laporan untuk dijadikan pertimbangan oleh kepala sekolah dan guru. Dari permasalahan seperti itulah timbul sebuah ide untuk membuat sebuah program perangkat lunak yang dapat membantu setiap kegiatan yang berhubungan dengan kehadiran siswa.

Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini merujuk pada model pengembangan waterfall yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu: (1) Requirement Analysis; (2) System Design; (3) Implementation; (4) Integration & Testing; (5) Operation & Maintenance.  Aplikasi ini dibuat berbasis web dan android dengan Bahasa pemrograman HTML, PHP, Java Script, Java, untuk antar muka menggunakan CSS, dan database yang digunakan adalah MySQL. Teknik pengujian yang digunakan adalah blackbox, yakni untuk menguji fungsionalitas dan usabilitas aplikasi.

Hasil pengembangan aplikasi ini telah diuji oleh ahli rekayasa perangkat lunak serta memperoleh hasil 100%. Sementara hasil uji coba lapangan dilakukan oleh guru selaku administrator di sekolah memperoleh hasil uji sebesar 100%. Hasil tersebut diperoleh dari angket tertutup dengan teknik pengujian blackbox Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi presensi siswa digital yang dikembangkan layak digunakan.