SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Discovery Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pada Perakitan Komputer Kelas X Jurusan TKJ Di SMK Negeri Winongan Kabupaten Pasuruan

Kustianingsih . .

Abstrak


ABSTRAK

 

Kustianingsih. 2017. Pengaruh Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Discovery Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pada Perakitan Komputer Kelas X Jurusan TKJ Di SMK Negeri Winongan Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Program Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Setiadi Cahyono P., M.Pd., M.T (II) Drs. Suwasono, M.T

 

Kata Kunci: Student Teams Achievement Division, Discovery Learning, Audio Visual, Hasil Belajar.

 

Berdasarkan hasil wawancara oleh guru pengampu mata pelajaran Perakitan Komputer, proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru, sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar. Salah satu indikasi rendahnya hasil belajar siswa adalah model pembelajaran yang belum maksimal. Dalam proses pembelajaran, siswa malas untuk mengikuti pembelajaran yang akhirnya akan berpengaruh pada hasil belajar. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu di antaranya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat terdapat kondisi siswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar ranah pengetahuan dan keterampilan perakitan komputer menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dan Discovery learning berbantuan audio visual pada siswa kelas X program keahlian TKJ di SMK Negeri Winongan Kabupaten Pasuruan.

Metode dalam penelitian ini menggunakan Quasi Eksperiment dengan Post-test Only Design. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah hasil belajar meliputi ranah pengetahuan dan ranah keterampilan siswa kelas X TKJ pada materi Perakitan Komputer sebagai variabel terikat, sedangkan variabel bebasnya adalah penerapan model pembelajaran STAD dan Discovery learning berbantuan audio visual. Teknik pengumpulan data meliputi post-test. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa.

Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) rata-rata hasil belajar kelas discovery learning ranah pengetahuan sebesar 83,97 dan ranah keterampilan 86,32 dan sedangkan kelas STAD ranah pengetahuan sebesar 79,58 dan ranah keterampilan 80,33. (2) berdasarkan hasil uji-t yaitu terdapat perbedaan yang signifikan baik dalam ranah pengetahuan maupun ranah keterampilan dengan nilai sig. masing-masing sebesar 0,01 dan 0,01 atau sig.