SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Trainer Sistem Komunikasi Robot Humanoid Soccer Sebagai Media Pembelajaran Pada Matakuliah Robotika II di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Khoirul Anam

Abstrak


ABSTRAK

 

Anam, Khoirul. 2017. Pengembangan Trainer Sistem Komunikasi Robot Humanoid Soccer Sebagai Media Pembelajaran Pada Matakuliah Robotika II di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Eng.Siti Sendari, S.T.,M.T. (2) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom.

 

Kata Kunci: Trainer, Robot HumanoidSoccer, Komunikasi Robot, Robotika II.

 

Matakuliah Robotika II merupakan matakuliah yang baru diterapkan pada tahun 2017 untuk Program Studi S1 Teknik Elektro. Berdasarkan dari hasil wawancara, dinyatakan bahwa pengembangan untuk media pembelajaran pada matakuliah Robotika perlu dilakukan, khususnya persiapan untuk matakuliah Robotika II. Tujuan dari mata kuliah Robotika II adalah: membekali mahasiswa dengan berbagai kemampuan dalam merancang dan membuat sistem robot dengan derajat kebebasan (DOF) tinggi melalui pemahaman akan konsep dari sub-sistem penyusunnya. Berdasarkan dari tujuan dari matakuliah Robotika II, maka Robot Humanoid Soccer merupakan salah satu robot yang mempunyai derajat kebebasan (Degree Of Freedom) tinggi. Berdasarkan hasil observasi pengembangan terkait komunikasi pada robot humanoid soccer masih belum dilakukan. Pengembangan trainer komunikasi pada robot humanoid soccer perlu dilakukan karena mengingat pentingnya komunikasi tersebut untuk sistem kendali robot.

Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan pada latar belakang diatas, solusi yang dapat dilakukan untuk menambah dan memperkaya media pembelajaran Matakuliah Robotika II adalah dengan mengembangkan media pembelajarannya. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah menggunakan model pengembangan Sugiyono. Langkah-langkah dalam pengembangan, yaitu: Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal. Untuk menilai seberapa valid produk yang dikembangkan maka, produk akan dinilai oleh ahli materi dan ahli media. Sedangkan untuk uji kelayakan produk dilakukan oleh mahasiswa program studi S1 Teknik Elektro 2014 keahlian sistem kendali. Uji kelayakan dibagi menjadi uji kelompok kecil dan uji kelompok besar.

Dari hasil pengembangan dinyatakan bahwa produk dinyatakan valid oleh ahli materi dengan nilai 95.83%, kemudian produk juga dinyatakan valid oleh ahli media dengan hasil nilai 96.88%. Pada pengujian terhadap subjek uji coba, media telah dinyatakan layak 91.96% pada uji coba produk dan telah dinyatakan layak 90.60% pada uji pemakaian. Berdasarkan nilai persentase tersebut, maka media yang dikembangkan dapat digunakan di mata kuliah Robotika II, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Anam, Khoirul. 2017. Development of Communication System Trainer on Humanoid Soccer Robot as Learning Media for Robotics II Course at the Department of Electrical Engineeringof Malang State University. Thesis, Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Counselor: (1) Dr. Eng. SitiSendari, S.T., M.T. (2) HeruWahyuHerwanto, S.T., M.Kom.

 

Keywords: Trainer, Humanoid Soccer Robot, Robot Communications, Robotics II.

 

The robotics II is a new course applied in 2017 for Electrical Engineering undergraduate(S1) Program. Based on the results of interviews, it is stated that the development of learning media in the Robotics course needs to be done, especially to prepare the Robotics II course. The objective of Robotics II course is to train students with various capabilities in designing and creating robotic systems. It is robotic system with high degrees of freedom (DOF) through understanding the concepts of their sub-systems. Based on the objectives of the Robotics II course, the Robot Humanoid Soccer is one of the robots that have high DOF. Here, thelecturing media of communication on humanoid robot have not beenavailable. It is needed, because of the importance of the robot control system implementation.

Based on the problems which occured,the solution is develop the learning media for Robotics II course. This research is adopt the Sugiyono development method, which consists of steps: potency and problem, data collection, product design, validation design, revision design, product test, product revision, usage test, product revision, mass production. The productswere assessed by material and media experts. Here, the product feasibility test has been observed to student of S1 Electrical Engineering 2014 program of control system expertise. The feasibility test is divided into products test and usage test.

The development results show that the product was declared valid by the material expert with the value of 95.83%, then the product is also declared valid by the media expert with the value of 96.88%. Furthermore, the feasibility result from product test was 91.96%, while the result from usage test was 90.60%. Based on these results from feasibility test, the learning media was consiclered as feasible to be applied for the course of Robotics II, at the Department of Electrical Engineering, State University of Malang.