SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sumber Belajar Pemprograman Web dengan Pendekatan Peta Konsep Secara Interaktif untuk Siswa Kelas X Jurusan TKJ di SMK Negeri 1 Sampang

Amali Reza

Abstrak


ABSTRAK

 

Reza, Amali. 2017. Pengembangan Sumber Belajar Pemprograman Web dengan Pendekatan Peta Konsep Secara Interaktif untuk Siswa Kelas X Jurusan TKJ di SMK Negeri 1 Sampang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi Cahyono P., M.Pd., M.T (II) Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T

 

Kata Kunci: Pengembangan Sumber Belajar, Pemrograman Web, Pendekatan Peta Konsep.

 

Belajar pemrograman web tidak hanya menghafal dan mengingat kode. Tetapi dibutuhkan pemahaman akan suatu kode program dan kreatifitas siswa. Berdasarkan wawancara, Bapak Mukadar selaku guru di SMK menyatakan bahwa pemahaman siswa terhadap materi pemrograman web lemah, sementara untuk membangun sebuah website diperlukan pemahaman terhadap kode-kode yang akan gunakan. Untuk mempermudah pemahaman siswa salah satunya melalui pengembangan sumber belajar yang menarik dan dapat memicu motivasi untuk lebih giat belajar. Tujuan dari pengembangan ini: (1) merancang dan membuat sumber belajar interaktif dengan pendekatan peta konsep; (2) merancang dan membuat media pembelajaran; (3) menguji kelayakan produk.

Sumber belajar dikembangkan menggunakan model prosedur penelitian dan pengembangan  ADDIE, adapun prosedurnya yaitu: (1) Analysis kebutuhan; (2) Design, pada tahap ini dilakukan merumuskan tujuan pembelajaran dan menyusun desain produk; (3) Development atau pengembangan produk dibuat berdasar desain yang telah dibuat sebelumnya; (4) Implementation, produk yang sudah dibuat diimplementasikan di dalam kelas; (5) Evaluation, tujuan dari tahap evaluasi adalah menilai kualitas produk, baik sebelum dan sesudah implementasi untuk menentukan tingkat kelayakan roduk.

Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan sumber belajar ini ialah buku digital. Buku digital digunakan sebagai sumber belajar bagi guru dan siswa. Materi yang dibahas dalam buku mencakup tiga topik bahasan yaitu: (1) Style halaman web, memiliki lima bahasan; (2) Teknik pemrograman halaman web, memiliki enam bahasan; (3) Pengolahan input user, memiliki tiga bahasan. Penyusunan materi dalam buku digital menggunakan strategi peta konsep. Strategi peta konsep digunakan untuk membantu siswa mengorganisasikan konsep pelajaran yang sedang dipelajarinya berdasarkan topik bahasan dengan bahasannya.

Berdasarkan hasil analisis data lembar validasi ahli secara keseluruhan sumber belajar yang dibuat masuk dalam katagori sangat layak dari sisi media dan sisi materi. Sedangkan hasil uji coba, hasil responden dan hasil implementasi oleh siswa dianalisis setiap aspeknya. Dari hasil analisis data yang diperoleh rata-rata setiap aspek masuk dalam katagori sangat layak. Sehingga produk yang dikembangkan dapat digunakan tanpa perlu direvisi.