SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Sistem Operasi Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa di SMKN 1 Pogalan Trenggalek

Arif Nurnanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurnanto, Arif. 2017, Pengembangan Modul Sistem Operasi Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) Untuk Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa SMKN 1 Pogalan Trenggalek. Skripsi, Jurusan Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi C.P., M.Pd., M.T, (II) Dr. Hary Suswanto, ST., M.T.

 

Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Sistem Operasi, CTL

 

Keaktifan belajar siswa merupakan salah satu poin penting dalam kegiatan pembelajaran. Pada SMKN 1 Pogalan Trenggalek diindikasikan siswa kelas X cenderung belumaktif dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran Sistem Operasi. Pada media yang digunakan sebelumnya, guru cenderung menggunakan media yang berbasis teks. Keaktifan belajar siswa dapat ditumbuhkan dengan cara menggunakan media dalam saat proses belajar mengajar. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk, membuat sebuah buku yang mampu menumbuhkan keaktifan belajar siswa dengan melakukan observasi keaktifan belajar saat menggunakan buku yang dikembangkan, mendeskripsikan hasil uji validasi buku serta menguji kelayakan isi materi buku untuk siswa SMKN 1 Pogalan Trenggalek.

Model Pengembangan yang digunakan adalah Model Pengembangan milik Sadiman. Tahap pengembangannya meliputi; Tahap pengembangannya meliputi, (1) analisis kebutuhan; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) validasi ahli; (5) uji coba kelompok kecil; (6) uji coba kelompok besar; (7) revisi; dan (8) diseminasi. Instrumen yang digunakan berupa angket kuisioner yang mengadopsi instrumen LORI versi 1.5 oleh Nesbit & Li dan disebarkan kepada ahli media, ahli materi dan siswa. Selain itu peneliti juga melakukan observasi keaktifan menggunakan angket yang mengadopsi milik Sardiman. Peneliti juga melakukan uji terhadap responden mengenai isi dari materi yang ada pada buku.

Berdasarkan hasil validasi yang melibatkan ahli media, ahli materi, siswa, para observer dan responden dari sekolah yang berbeda, disimpulkan buku ini telah valid dengan skor rata-rata yang didapat sebesar 3,61 pada aspek media, 3,20 pada aspek materi, 3,39 pada kelompok kecil, 3,50 pada kelompok besar rata-rata pada uji terhadap siswa adalah 3,45, untuk observasi keaktifan para observer memilih kriteria tertinggi dari setiap kriteria pada angket ukur keaktifan, pada responden pertama diperoleh nilai 3,21 dan 3,43 pada responden kedua dan pada responden ketiga diperoleh nilai 3,47.Sehingga media ini dapat dinyatakan layak untuk digunakan.