SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Prestasi Praktik Kerja Industri dan Motivasi Belajar Terhadap Tingkat Penguasaan Kompetensi Keahlian Siswa SMK Kelas XII Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan di Kota Malang

Fitrotul Azizah

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Azizah, Fitrotul. 2017. Hubungan antara Prestasi Praktik Kerja Industri dan Motivasi Belajar Terhadap Tingkat Penguasaan Kompetensi Keahlian Siswa SMK Kelas XII Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan di Kota Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tri Atmadji S, M.Pd. (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng.

 

Kata Kunci: Prestasi praktik kerja industri, motivasi belajar, kompetensi keahlian

 

            Berdasarkan observasi dengan siswa SMK kelas XII Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan di Kota Malang, prakerin dirasakan sangat penting untuk membentuk lulusan yang berkompetensi serta berpengalaman dalam bidangnya. Praktik kerja industri juga bertujuan sebagai sarana pendekatan antara sekolah dengan pihak industri. Motivasi belajar dapat mempengaruhi uji kompetensi keahlian, karena motivasi belajar merupakan suatu keharusan yang diperlukan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Prestasi prakerin dan motivasi belajar yang ada mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam penguasaan kompetensi keahlian.

            Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan tingkat penguasaan kompetensi keahlian (Y); (2) mendeskripsikan tingkat prestasi praktik kerja industri (X1); (3) mendeskripsikan tingkat motivasi belajar (X2); (4) mengetahui signifikansi hubungan antara X1 dengan Y; (5) mengetahui signifikansi hubungan antara X2 dengan Y; (6) mengetahui signifikansi hubungan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y siswa SMK Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan di Kota Malang.

            Penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Responden penelitian siswa SMK kelas XII Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan di Kota Malang. Pengumpulan data masing-masing variabel menggunakan dokumentasi untuk variabel prakerin dan variabel kompetensi keahlian, kuisioner untuk variabel motivasi belajar. Hasil penelitian: (1) prestasi praktik kerja industri (X1) dikategorikan cukup sebesar 73,58%; (2) motivasi belajar (X2) dikategorikan tinggi sebesar 79,66%; (3) tingkat penguasaan kompetensi keahlian (Y) dikategorikan cukup sebesar 47,45%; (4) ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y; (5) ada pengaruh positif dan signifikan antara X2 dengan Y; (6) ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y. Sumbangan relatif X1 sebesar 82,30% dan sumbangan relatif X2 sebesar 17,70%. Sedangkan sumbangan efektif X1 sebesar 30,85% dan sumbangan efektif X2 sebesar 6,64%.

            Kesimpulan: Ada hubungan positif dan signifikan antara prestasi praktik kerja industri dan motivasi belajar terhadap tingkat penguasaan kompetensi keahlian siswa SMK kelas XII Program Keahlian Ketenagalistrikan di Kota Malang.