SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Robot Lengan 3DOF untuk Pembelajaran Kompetensi Artificial Neural Network-Backpropagation Pada Matakuliah Sistem Cerdas di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Nurani Lathifah

Abstrak


ABSTRAK

 

Lathifah, Nurani. 2017. Pengembangan Robot Lengan 3DOFuntuk Pembelajaran Kompetensi Artificial Neural Network-Backpropagation Pada Matakuliah Sistem Cerdasdi Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.

 

Kata Kunci: Robot Lengan, Sistem Cerdas, Backpropagation

 

Berdasarkan Katalog Jurusan Teknik Elektro 2014, Sistem Cerdas merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro. Pelaksanaan pembelajaran sistem cerdas yang dilakukan selama ini disampaikan melalui teori serta praktikum menggunakan simulasi.

Kendala dalam matakuliah sistem cerdas yang dialami oleh mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro2013 yaitu, tidak tersedia bahan ajar yang berupa sebuah sistem yang dapat digunakan untuk menguji coba hasil belajar secara teori atau simulasi pembelajaran system cerdas pembahasan artificial neural network-back propagation. Selain itu, menurut hasil diskusi dengan dosen pengampu matakuliah, media ajar berupa modul pembelajaran artificial neural network-back propagation sudah tersedia, namun belum ada trainer yang mendukung pembelajaran tersebut. Dari permasalahan tersebut perlu dikembangkan robot lengan 3DOF yang dapat digunakan untuk menguji coba hasil belajar dari pembelajaran artificial neural network-back propagation.

Model pengembangan yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan Sugiyono yang telah disesuaikan dengan langkah-langkah: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk.

Produk divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi dari ahli media sebesar 93.18% dan ahli materi sebesar 88.89%. Berdasarkan hasil tersebut, produk dapat diuji coba setelah melakukan revisi kecil. Uji coba dilakukan pada kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil dari uji coba kelompok kecil sebesar 91.67% dan kelompok besar sebesar 88.88%. Berdasarkan hasil uji coba, produk dapat dikatakan layak dan dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran.