SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Perilaku Praktikum dan Pengalaman Praktik Industri dengan Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja Mahasiswa S1 PTE Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Muhamad Mufid Agus Robi'

Abstrak


ABSTRAK

 

Robi’, Muhamad Mufid Agus. 2017. Hubungan Perilaku Praktikum dan Pengalaman Praktik Industri dengan Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja Mahasiswa S1 PTE Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T, (2) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd.

 

Kata Kunci:   Perilaku Praktikum, Pengalaman Praktik Industri, dan Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja.

 

Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro (PTE) setiap tahunya meluluskan tenaga kerja yang akan memasuki dunia kerja. Hal ini tentunya harus melihat segi kualitas dan kesiapan dari para lulusanya. Namun pada kenyataannya masih ada beberapa mahasiswa S1 PTE belum memiliki kesiapan menghadapi dunia kerja. Beberapa faktor yang mempengaruhi kesiapan menghadapi dunia kerja diantaranya perilaku praktikum dan pengalaman praktik industri (PI). Berkaitan dengan hal tersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku praktikum (X1), pengalaman praktik industri (X2) dan kesiapan menghadapi dunia kerja (Y), serta mengungkap hubungan antara (1) (X1) dengan (Y); (2) (X2) dengan (Y); (3) (X1) dan (X2) secara simultan dengan (Y).

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Jenis penelitian yang digunakan yaitu expose facto. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2013 sejumlah 111 responden. Penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas yaitu (X1) dan (X2), serta satu variabel terikat yaitu (Y). pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket atau kuisioner. Hasil uji reliabilitas instrumen (X1), (X2), dan (Y) dalam kategori tinggi. Teknik analisis data menggunakan korelasi parsial dan regresi ganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara (X1) dan (Y), dengan koefisien korelasi rx1y = 0,423; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara (X2) dan (Y), dengan koefisien korelasi rx2y = 0,305; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara (X1) dan (X2) secara simultan dengan (Y), dengan nilai R = 0,690 dan nilai F = 48,974. Sumbangan efektif variabel (X1) = 28,42% dan (X2) = 19,17%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara (X1) dengan (Y); (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara (X2) dengan (Y); (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara (X1) dan (X2) secara simultan dengan Y.