SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE RESCUE TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA BERBASIS GEOLOKASI

Chrisdianto Agus Rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, Chrisdianto Agus. 2017. “Pengembangan Aplikasi Mobile Rescue Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Berbasis Geolokasi”. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Didik Dwi Prasetya, S.T.,M.T. (II) M. Zainal Arifin, S.Si.,M.Kom. 

 

Kata Kunci: Pengembangan,Pertolongan Pertama, dan Geolokasi.

 

Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia. Contoh laka lantas di wilayah Malang masih cukup tinggi dari tahun 2015-2016 mengalami peningkatan. Fakta ini membuat tindakan medis sangat penting untuk korban kecelakaan yang membutuhkan pertolongan secara cepat dan tepat. Observasi dilakukan di KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang yang merupakan binaan PMI wilayah Kota Malang di tingkat Perguruan Tinggi. Dari hasil wawancara ditemukan permasalahan bagaimana cara anggota KSR (Korps Sukarela) dapat segera melakukan pertolongan ketika terjadi kecelakaan di suatu tempat.

Model pengembangan menggunakan Waterfall. Tahapan pada waterfall model, yaitu Analisa, Desain, Pengkodean & Pengujian, Penerapan, dan Pemeliharaan. Aplikasi ini dibuat berbasis web menggunakan bahasa pemrograman HTML, PHP, Java Script, CSS, dan database MySQL. Teknik pengujian dengan metode BlackBox.

Hasil pengujian Aplikasi Mobile Rescue Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan berbasis geolokasi. Hasil uji ahli sistem perangkat lunak didapatkan hasil skor 53 dengan presentase fungsionalitas sebesar 100%. Hasil uji admin didapatkan hasil skor 49 dengan presentase fungsionalitas  sebesar 100%. Hasil uji ahli Materi Pertolongan Pertama didapatkan hasil skor 31 dengan kesesuaian materi pertolongan pertama sebesar 100%.