SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Etos Kerja Melaksanakan KPL dan Kemampuan Keteknikan dengan Animo Menjadi Guru Kejuruan Bagi Mahasiswa S1 PTE Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Danang Rowi Saputro

Abstrak


ABSTRAK

Saputro, Danang Rowi. 2017. Hubungan antara Etos kerja Melaksanakan KPL dan Kemampuan Keteknikan dengan Animo Menjadi Guru Kejuruan bagi Mahasiswa Prodi S1 PTE Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd, M.T, (2) Drs. Dwi Prihanto,S.S.T., M.Pd.

Kata Kunci : etos kerja melaksanakan KPL, kemampuan keteknikan, animo menjadi guru kejuruan, dan mahasiswa S1 PTE UM

            Salah satu kompetensi lulusan yang dihasilkan oleh program studi PTE UM adalah kompetensi keguruan yang mempreoritaskan untuk mencetak tenaga pendidik. Perlu adanya keputusan apakah mahasiswa lulusan PTE akan memilih karir menjadi seorang guru atau memilih karir non keguruan, sehingga dapat diketahui bagaimana kualitas alumni yang dihasilkan oleh prodi PTE. Berkaitan dengan itu maka dilakukan penelitian berkaitan dengan tujuan untuk mendiskripsikan tentang tingkat etos kerja melaksanakan KPL, tingkat kemampuan keteknikan ,dan tingkat animo menjadi guru kejuruan. Untuk mengungkap hubungan antara etos kerja melaksanakan KPL dengan animo menjadi guru kejuruan. Untuk mengungkap hubungan antara kemampuan keteknikan dengan animo menjadi guru kejuruan. Serta untuk mengungkap hubungan secara simultan antara etos kerja melaksanakan KPL (X1) dan kemampuan keteknikan (X2) dengan animo menjadi guru kejuruan (Y) bagi Mahasiswa Prodi S1 PTE Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan rancangan deskriptif korelasional. Penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu X1 dan X2  sedangkan satu variabel terikat dalam penelitian ini yaitu Y. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa S1 PTE yang berjumlah 109. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi parsial dan regresi ganda.

 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y, dengan koefisien korelasi rx1y = 0,420; (2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara X2 dengan Y, dengan koefisien korelasi rx2y = 0,001; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y dengan nilai R = 0,421 dan nilai F sebesar 11,435. Sumbangan efektif variabel X1 = 17,70% dan sumbangan efektif varabel X2 = 0,05%.

Kesimpulan dari penlitian ini adalah (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y; (2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara X2 dengan Y; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y.