SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan M-Learning Dengan Pendekatan Problem Based Introduction Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 8 Malang

Lutfi Fathony

Abstrak


ABSTRAK

 

Fathony, Lutfi. 2017. Pengembangan M-Learning Dengan Pendekatan Problem Based Introduction Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 8 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom (2) Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T.

 

Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran, android, web, html, smk

 

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran untuk menghasilkan produk media pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Problem Based Introduction pada mata pelajaran Pemrograman Web dan masih kurangnya media pembelajaran berbasis m-learning yang dapat digunakan sebagai media belajar mandiri, serta menentukan ukuran dan mengetahui kualitas dari media pembelajaran pemrograman web tersebut yang diikuti dengan langkah-langkah pengembangan yang harus diikuti agar menghasilkan produk yang berkualitas berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan siswa agar indikator keberhasilan tercapai.

Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Sadiman dengan rincian: (1) identifikasi kebutuhan, (2) Perumusan tujuan pembelajaran, (3) Perumusan materi pembelajaran, (4) Perumusan alat pengukur keberhasilan, (5) Penulisan naskah media, (6) Tes/uji coba, (7) Revisi, (8) Naskah siap produksi.

Pengujian dilakukan pada tiga subjek uji coba, yaitu ahli materi, ahli media, dan siswa. Pengujian pada ahli materi memperoleh hasil rata-rata sebesar 93,6%. Pengujian pada ahli media memperoleh nilai sebesar 95,4%. Sedangkan untuk uji coba kepada siswa kelas kecil memperoleh nilai sebesar 90%. Sedangkan untuk pengujian kelas besar diperoleh nilai sebesar 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah layak diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar.