SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar pada Mata Pelajaran Instlasi Motor Listrik dengan Model PjBL Kelas XI Semester 1 di SMK Negeri Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Imam Agus Darmansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Agus, Imam Darmansyah. 2017. PengembanganBahan Ajar Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Dengan Model PjBL Kelas XI Semester 1 Di SMK Negeri 1 Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T, M.Pd.(II)Yuni Rahmawati, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Buku Ajar, Instalasi Motor Listrik, Model PjBL.

 

Instalasi Motor Listrikmerupakan salah satu sub bahasan yang terdapat pada silabus program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur.Berdasarkan hasil wawancara denganDedy Arzaki, S.T., selaku guru di SMK menyatakan bahwa sekolah masih kekurangan bukuajar untuk mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. Sekolah juga masih memerlukan pengembangan terhadap bahan ajar, selain itu bahan ajar yang digunakan di sekolah belum tersedia bukuajar cetak khususnya untuk siswa, sehingga siswa dalam proses pembelajarannya kurang efektif karena kurangnya bahan ajar yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung.

Tujuan dari pengembangan bahan ajar ini adalahmengembangkan buku ajar yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran, menguji tingkat kelayakan buku ajar apakah sudah layak atau belum melalui uji coba pembelajaran pada kelompok kecil dan kelompok besar, menghasilkan sebuah buku ajar cetakyang dikembangkan menjadi media pembelajaran yang nantinya dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran dan pada saat praktikum khusunya untuk mata pelajaran Instalasi Motor Listrik.

Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Dick and Carrey, adapun prosedurnya yaitu:1)  mengidentifikasikan tujuan umum pembelajaran, (2) melaksanakan analisi pembelajaran, (3) mengidentifikasi tingkah laku masukan dan karakteristik siswa, (4) merumuskan tujuan performansi, (5) mengembangkan butir–butir tes acuan patokan, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran, (8) mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif, (9) merevisi bahan pembelajaran, (10) mendesain dan melaksanakan evaluasi sumatif.

Hasil dari penelitian Buku Ajar Instalasi Motor Listrik yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh ahli materi diperoleh 89,06 %, ahli media diperoleh 83,21 %, uji coba kelompok kecil diperoleh 87,40 %, dan uji coba kelompok besar diperoleh 86,30 %. Hasil validasi, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar menyatakan bahwa bahan ajar berupa Buku Ajar Instalasi Motor Listrik secara keseluruhan layak, sehingga dapat digunakan sebagai media dalam membantu proses pembelajaran pada pelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XI Semester 1 di SMK.