SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sistem Ulangan Harian untuk Siswa Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Turen

Wulan Agustina

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustina, Wulan. 2017. Pengembangan Sistem Ulangan Harian untuk Siswa Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Turen. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom., (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom.

 

Kata Kunci: sistem, ulangan harian, rekayasa perangkat lunak

Dalam proses pembelajaran, guru tidak hanya menyampaikan materi, namun juga memberikan ulangan harian. Sebelumnya, dalam pemberian ulangan harian, guru menggunakan kertas ulangan yang telah disusun terlebih dahulu. Apabila terjadi perubahan, guru harus menyusun dan mencetak ulang soal. Selain itu, guru harus mengoreksi satu persatu lembar kerja siswa, sehingga membutuhkan waktu yang lama dan kurang efektif. Dengan mengembangkan sistem ulangan yang baru, maka diharapkan dapat mengatasi masalah yang telah diuraikan

Tujuan  penelitian dan pengembangan ini untuk: (1) mengembangkan sistem ulangan harian untuk siswa program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Turen, (2) mengujicobakan sistem ulangan harian yang telah dikembangkan berdasarkan teknik pengujian ISO 9126 (functionality, reliability, usability, efficiency, maintainability, dan portability), dan (3) Mengkaji keunggulan dan kekurangan dari sistem ulangan harian untuk siswa program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Turen.

Metode yang digunakan untuk pengembangan ini adalah Agile software development yang memiliki enam tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) implementasi, (3) pengujian, (4) dokumentasi, (5) deployment, dan (6) pemeliharaan. Sistem yang dikembangkan akan diuji sesuai teknik pengujian ISO 9126 yang terdiri dari enam aspek, yaitu: (1) functionality, (2) reliability, (3) usability, (4) efficiency, (5) portability dan (6) maintainability. Subjek uji dilakukan oleh pengembang, beberapa dosen, guru dan siswa RPL di SMK Turen. Jenis data yang didapatkan adalah data kuantitatif dan data kualitatif.

 

Hasil pengembangan adalah: (1) penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sistem ulangan harian untuk memudahkan guru dalam melakukan kegiatan ulangan harian, (2) sampel isi sistem ulangan harian sudah baik karena telah melalui revisi sebanyak dua kali oleh penelaah, (3) pengujian aspek functionality, fungsi sistem berjalan 100%. Pada aspek reliability, hasilnya 100%. Pengujian aspek usability oleh admin, guru dan siswa masing-masing adalah 89,2%, 94%, dan 81%. Aspek efficiency terhadap performa sistem adalah 86,4 (grade B), sedangkan terhadap response time adalah 1,26 s (very good). Pengujian portability, sistem berhasil berjalan dengan baik di berbagai macam web browser dan resolusi layar. Pada aspek maintainability, hasilnya 86,59 (tinggi), dan (4) sistem ulangan harian hanya dapat digunakan untuk skala kecil saja, jika ingin digunakan untuk skala luas, maka harus ada pengembangan lebih lanjut.