SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Digital Interaktif Berbasis Mind Mapping pada Mata Pelajaran Instalasi Jaringan Lokal (LAN) untuk Meningkatkatkan Efektivitas Belajar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Jember Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.

Diska Yudha Prasetiya Risma

Abstrak


ABSTRAK

 

Risma, Diska Yudha Prasetiya.2017. Pengembangan Buku Digital Interaktif Berbasis Mind Mapping pada Mata Pelajaran Instalasi Jaringan Lokal (LAN) untuk Meningkatkatkan Efektivitas Belajar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Jember Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. (II) M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom

 

Kata Kunci: Pengembangan, Buku Digital, Mind Mapping, Instalasi Jaringan Lokal

Pengembangan buku digital interaktif berbasis mind mapping pada mata pelajaran Instalasi Jaringan Lokal (LAN) merupakan suatu proses pengembangan media yang dalam proses belajar mengajar dilakukan dengan cara menggunakan berbantuan komputer sehingga pembelajaran tidak terkesan monoton. Perlu adanya bahan ajar baru yang berisi materi pelajaran terpola secara visual dan grafis yang akhirnya dapat membantu merekam, memperkuat, dan mengingat kembali informasi yang telah dipelajari. Untuk itu pengembangan media perlu dilakukan agar dapat berdampak baik terhadap peningkatan pemahaman materi Instalasi Jaringan Lokal (LAN). Penelitian ini bertujuan untuk merancang buku digital, membuat buku digital, dan mengetahui kelayakan buku digital interaktif berbasis mind mapping.

Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian ADDIE untuk pengembangan media. Model penelitian dan pengembangan ADDIE terdiri dari lima langkah antara lain: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan,  (4) implementasi, dan (5) evaluasi.

 

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka didapatkan presentase hasil validasi konten dari ahli materi I sebesar 90,4% yang tergolong sangat layak, hasil validasi konten dari ahli materi II sebesar 94,2% yang tergolong sangat layak, hasil validasi media dari ahli media sebesar 96,4% yang tergolong sangat layak, hasil uji skala satu lawan satu sebesar 84,4% yang tergolong cukup layak, hasil uji skala kecil sebesar 86,8% yang tergolong sangat layak, dan hasil uji skala besar sebesar 91% yang tergolong sangat layak. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan produk pengembangan sangat layak digunakan pada mata pelajaran Instalasi Jaringan Lokal (LAN).