SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Web Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar untuk Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan(TKJ) SMKIslam 1 Blitar

Fitri Nur Rohmah

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Islam 1 Blitar, diketahui  bahwa sebanyak 65% siswa belum mencapai nilai KKM dalam ulangan harian Pemrograman Dasar. Jika siswa harus belajar mandiri dengan mengerjakan soal mengenai identifikasi, memecahkan masalah program pada modul yang dimiliki, siswa tidak akan mengetahui letak kesalahan dalam pengerjaannya, ditambah lagi banyak siswa yang tidak memiliki laptop dan PC. Disisi lain sebanyak 95% siswa telah memiliki smartphone, sehingga dapat dikembangkan suatu media pembelajaran yang interaktif untuk mata pelajaran Pemrograman Dasar.

Pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan. Ahli materi dan ahli media sebagai validator dan siswa uji coba pengguna. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Analisa data menggunakan teknik persentase oleh Akbar dan Sriwiyana (2010).

 

Hasil validasi dan uji coba media pembelajaran dinyatakan sangat valid dengan rincian data sebagai berikut: (1) hasil validasi ahli materi 1 mendapatkan persentase 86,2 %, (2) hasil validasi ahli materi 2 mendapatkan persentase 87,9%, (3) validasi ahli media mendapatkan persentase 95,2%, (4) uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase 88,2%, dan (5) uji coba lapangan mendapatkan 85,5%.