SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN SOCIAL SUPPORT DAN SELF-REGULATION TERHADAP PERSEPSI KARIR KEGURUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Sigit Purnomo

Abstrak


ABSTRAK

 

Purnomo, Sigit. 2017. Hubungan Social Support dan Self-Regulation Terhadap Persepsi Karir Keguruan Mahasiwa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd., (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom.

 

Kata kunci: Persepsi Karir Keguruan, Social Support, Self-Regulation

Persepsi karir keguruan merupakan hasil dari rangkaian proses yang berlangsung lama berdasarkan pengalaman, pengamatan, kebiasaan, pola pikir dan perasaan bagi seseorang. Terbentuknya persepsi dipengaruhi adanya stimulus dari luar individu berupa social support dari orang-orang terdekat yang mampu memberikan kenyamanan dan rasa percaya diri untuk merencanakan karir. Dan juga adanya stimulus dari dalam individu berupa self-regulation yang ketat untuk melakukan kontrol terhadap pikiran, perasaan, keinginan, dan kinerja untuk mencapai suatu tujuan dan cita-cita. Adanya social support dan self-regulation diharapkan mampu membentuk persepsi yang positif terhadap karir keguruan.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan persepsi karir keguruan mahasiswa; (2) mendeskripsikan social support mahasiswa; (3) mendeskripsikan self-regulation mahasiswa; (4) mengetahui signifikansi hubungan antara social support dengan persepsi karir keguruan mahasiswa; (5) mengetahui signifikansi hubungan antara self-regulation dengan persepsi karir keguruan mahasiswa; dan (6) mengetahui signifikansi hubungan secara simultan antara social support dan self-regulation dengan persepsi karir keguruan mahasiswa.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-postfacto dengan jenis causal comparative. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika Angkatan 2014 Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang dengan jumlah sampel sebanyak 135 mahasiswa. Untuk mengukur social support, self-regulation dan persepsi karir keguruan menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS IBM SPSS Statistic v22.

 

Hasil dari penelitian yaitu: (1) persepsi karir keguruan berada dalam katagori sangat tinggi yaitu 82,34%; (2) social support berada dalam kategori tinggi yaitu 78,30%; (3) self-regulation berada dalam kategori tinggi yaitu 75,34%; (4) ada hubungan positif dan signifikan antara social support dengan persepsi karir keguruan; (5) ada hubungan positif dan signifikan antara self-regulation dengan persepsi karir keguruan; dan (6) ada hubungan positif dan signifikan antara social support dan self-regulation dengan persepsi karir keguruan. Selain itu, dapat diketahui bahwa sumbangan yang diberikan variabel social support terhadap persepsi karir keguruan dengan sebesar 8,73522%, dan variabel self-regulation sebesar 14,66478%, serta sisanya sebesar 76,6% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.