SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS DAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR KELAS X MM SMK NEGERI 12 MALANG

Achmad Rozzy

Abstrak


ABSTRAK

 

Rozzy, Achmad. 2017. Perbandingan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif

Tipe Talking Chips dan Course Review Horay terhadap Keaktifan dan Hasil

Belajar Jaringan Dasar Kelas X MM SMK Negeri 12 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd, M.T (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom.

 

Kata Kunci : Talking chips, Course Review Horay, Keaktifan, Hasil belajar, jaringan dasar

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Negeri 12 Malang, kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih menggunakan model konvensional. Sehingga interaksi guru dengan siswa kurang terjalin dengan baik yang menyebabkan minat belajar siswa berkurang. Maka dari itu dilakukan penelitian ini demi memperoleh model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Jaringan Dasar siswa kelas X MM di SMK Negeri 12 Malang.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif setelah diberi perlakuan, (2) untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa setelah diberi perlakuan, (3) untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar siswa kelas A dan siswa kelas B, (4) untuk mengetahui signifikansi perbedaan keaktifan belajar siswasiswa kelas A dan siswa kelas B.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian post test only design. Sebelum melakukan penelitian dilakukan uji normalitas dan homogenitas untuk menentukan populusi dari dua kelas ini sama. Selanjutnya diterapkan perlakuan dua model tersebut ke masing-masing kelas. Kemudian diberi posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa dan dilakukan observasi keaktifan siswa dengan menggunakan lembar observasi keaktifan belajar siswa. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t.

 

Dari hasil penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar di ranah kognitif siswa kelas A dan kelas B, (2) DTerdapat perbedaan keaktifan belajar siswa kelas A dan kelas B, (3) terdapat signifikansi perbedaan rerata hasil belajar ranah kognitif pada KD Sistem Operasi Jaringan pada siswa kelas A dan siswa kelas B, (4) terdapat signifikansi perbedaan rerata keaktifan belajar ranah kognitif pada KD Sistem Operasi Jaringan pada siswa kelas A dan siswa kelas B.