SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Pengetahuan Pedagogik dan Manfaat Kajian Praktik Lapangan dengan Personal Goals Mahasiswa Calon Guru Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Egy Setyawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Setyawan,Egy. 2017. Hubungan Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Pengetahuan Pedagogik mahasiswa dan Manfaat Kajian Praktik Lapangan dengan Personal Goals Mahasiswa Calon Guru Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universita sNegeri Malang.

 

Kata Kunci: Pengetahuan Pedagogik, Kajian Praktik Lapangan, Personal Goals.

Universitas Negeri Malang merupakan salah satu perguruan tinggi yang bertanggung jawab untuk mengantarkan mahasiswa menjadi lulusan yang terampil dan berkompeten khususnya di bidang pendidikan. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualifikasi pendidikan adalah pengetahuan pedagogik. Pengetahuan pedagogic mahasiswa yang diperoleh dikampus harus diterapkan dalam kajian praktik lapangan.Selain itu calon guru harus memilikipersonal goals menjadi guru yang tinggi.

Penelitianini bertujuan untuk mengungkap hubung anantara (1) efektivitas pelaksanaan pembelajaraan pengetahuan pedagogic () dengan personal goals mahasiswa calon guru (Y); (2) manfaat kajian praktik lapangan ( dengan personal goals mahasiswa calon guru (Y); (3) hubungan efektivitas pelaksanaan pembelajaraan pengetahuan pedagogic () dan manfaat kajian praktik lapangan ( dengan personal goals mahasiswa calon guru (Y).

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu expose facto dengan rancangan penelitian kuantitatif korelasional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2013 sejumlah 108 responden. Untuk mengungkap adanya hubungan antara variabel X1 dengan Y ataupun X2 dengan Y menggunakan analisis data korelasi parsial. Sedangkan untuk mengungkap hubungan X1 dan X2 secara simultan dengan Y menggunakan regresi ganda.Semua analisis tersebut dilakukan dengan bantuan SPSS.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifika nantara X1 dan Y, dengan koefisien korelasi rx1y = 0,391; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dan Y, dengan koefisien korelasi rx2y = 0,344; (3) terdapa thubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y dengan nilai R = 0,702 dan nilai F = 50,942. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara (X1) dengan (Y); (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara(X2) dengan (Y); (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara (X1) dan (X2) secara simultan dengan Y