SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Instalasi Motor Listrik Berbasis E-learnin untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di Tingkat SMK

Mohammad Sueib Rizal

Abstrak


ABSTRAK

 

Rizal, M. Sueib. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Instalasi Motor Listrik Berbasis E-learnin untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di Tingkat SMK. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T. (2) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M. Pd.

 

Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, e-learning, instalasi motor listrik

Hasil wawancara dengan guru dan siswa di SMK Negeri 1 Kediri, mata pelajaran nstalasi Motor Listrik merupakan mata pelajaran wajib yang harus ditempuh sebagai syarat untuk mengambil matapelajaran Instalasi Motor Listrik berbasis PLC di semester selanjutnya. Pada matapelajaran ini bahan ajar yang digunakan masih buku keluaran lama dan tidak adanya bahan ajar berbasis e-learning yang dapat di akses siswa. Instalasi Motor Listrik merupakan mata pelajaran wajib bagi peserta didik. Hasil wawancara dengan guru dan siswa mata pelajaran Instalasi Motor Listrik yang dilakukan di Jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 6 Malang, dalam proses pembelajaran Instalasi Motor Listrik sering terjadi kendala dan hambatan disaat proses belajar mengajar, baik dari pihak sekolah, guru maupun peserta didik. Kendala tersebut salah satunya adalah kurangnya bahan ajar yang dapat diakses siswa secara mandiri, khususnya bahan ajar Instalasi Motor Listrik berbasise-learning. Sedangkan hasil wawancara yang dilakukan di SMK PGRI 3 Malang adalah keaktifan dan kemandirian siswa masih kurang dikarenakan belum adanya bahan ajar yang memadai, sehingga guru lebih aktif menjelaskan sehingga siswa menjadi pasif dan hanyamengikuti penjelasan guru tanpa punya inisiatif untuk lebih berkembang.

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah mengetahui potret bahan ajar Instalasi Motor Listrik berbasis e-learning dengan LMS, merancang bahan ajar Instalasi Motor Listrik berbasis e-learning dengan LMS Edmodo, dan mengetahui uji kelayakan bahan ajar Instalasi Motor Listrik berbasis e-learning dengan LMS Edmodo untuk siswa kelas XI jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Prosedur penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, adapun tahap-tahap yang dilakukan adalah sebagai berikut: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation.

 

Hasil pengembangan media pembelajaran ini telah divalidasi oleh ahli serta diuji cobakan kepada siswa. Hasil angket reviewer ahli materi memperoleh skor 92,3% (sangat valid), reviwer ahli media memperoleh skor 95% (sangat valid), uji kelompok kecil 93,8% (sangat valid). Hasil angket uji coba lapangan memperoleh skor 90,6% (sangat layak). Berdasarkan skor tersebut, media pembelajaran dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.