SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK KELAS X TKJ PADA MATAPELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR SMK CENDIKA BANGSA KEPANJEN

Rizki Ayu Wijaya

Abstrak


Kata Kunci :­ Quantum teaching, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Siswa, Pemrograman Dasar


 


Berdasarkan hasil pengamatan secara langsung yang dilakukan oleh peneliti di kelas X TKJ di semester ganjil tahun akademik 2016/2017  SMK Cendika Bangsa Kepanjen ditemukan permasalahan antara lain : guru belum maksimal menguasai konsep pembelajaran sehingga pembelajaran belum tersampaikan secara optimal kepada siswa , siswa memiliki motivasi belajar yang rendah, gampang menyerah, kurang aktif bertanya, bergerak untuk mengerjakan tugas dan nilai dibawah KKM pada mata pelajaran pemrograman dasar.  Maka dari itu , peneliti melakukan tindak lanjut dengan melakukan penelitian tindakan kelas dengan memilih model pembelajaran Quantum Teaching berdasarkan diskusi dan kajian penelitian terdahulu untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching di kelas X TKJ SMK Cendika Bangsa Kepanjen.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan jumlah subjek ujicoba sebanyak 17 siswa kelas X TKJ SMK Cendika Bangsa Kepanjen tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai motivasi pada siklus I dengan rata-rata nilai 70,22 ,  siklus II 89,34 , dan siklus III 92,77. Hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan siklus I dengan rata-rata nilai 62,94 , siklus II 75,88 , dan siklus III 80,35, ranah sikap siklus I dengan rata-rata nilai 66,46 , siklus II 78,82 , dan siklus III 85,09 serta  pada ranah keterampilan siklus I dengan rata-rata nilai 62,05 , siklus II 70 , dan siklus III 80. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK Cendika Bangsa Kepanjen.