SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Ajar Digital Interaktif dalam Pembelajaran Sistem Operasi pada Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tuban

Tresia Febriyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Salah satu penyediaan bahan ajar adalah untuk mempermudah proses belajar siswa. Bahan ajar dapat membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Pada SMK Negeri 1 Tuban kelas  TKJ mata pelajaran Sistem Operasi memiliki kendala dalam proses pembelajaran yaitu hasil belajar siswa berada di bawah (KKM), dari 36 siswa hanya 45% yang sudah mencapai nilai KKM dan sisanya masih berada di bawah KKM. Buku pelajaran yang digunakan saat ini masih bersifat sajian informative menarik siswa untuk mempelajarinya, dan BSE belum memenuhi kriteria pembelajaran siswa di SMK Negeri 1 Tuban. Oleh karena itu, SMK Negeri 1 Tuban membutuhkan suatu bahan ajar yang dapat digunakan sebagai suplemen untuk membantu siswa dalam memahami materi

Pada proses pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan, observasi, dan penyebaran angket. Dan beberapa subjek oleh ahli materi, ahli media, dan siswa.

 

Hasil pengembangan modul ajar digital. Kelayakan media pembelajaran dihitung berdasarkan hasil penilaian validasi ahli dan uji coba siswa menggunakan rumus yang mengacu pada Akbar. Penentuan kriteria validitas dan kelayakan modul ajar digital mengacu pada kriteria kelayakan Akbar. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan, hasil penilaian dari ahli materi  sebesar 95.65%. Hasil penilaian dari ahli media 86.87%. Berdasarkan uji coba siswa, hasil uji coba perorangan dengan pencapaian persentase 86.40%. hasil uji coba kelompok kecil dengan pencapaian persentase 89.37%. Sedangkan hasil uji coba lapangan dengan pencapaian persentase sebesar 90.00%. sehingga, dapat disimpulkan bahwa modul ajar digital interaktif dapat dinyatakan layak untuk digunakan pada mata pelajaran sistem operasi.