SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dinamis Kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Smk Negeri 1 Blitar

Resa Cahya Saputra

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Pemrograman Web Dinamis, Adobe Edge Animate 2014 , ADDIE.

Dalam proses pembelajaran, penggunaan media pembelajaran menjadi sesuatu yang sangat viral dalam meningkatkan hasil belajar siswa, tidak terkecuali pada mata pelajaran Pemrograman Web Dinamis untuk siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 1 Blitar. Penggunaan media pembelajaran dirasa akan meningkatkan hasil belajar siswa. Bentuk media pembelajaran yang begitu beragam dan implementasi yang belum bisa dikatakan sesuai, membuat pembelajaran masih belum dapat dikatakan sebagai pembelajaran yang efektif dan efisien, belum adanya suatu media pembelajaran yang digunakan secara aktif oleh siswa dan materi yang masih terdiri dari banyak sumber membuat siswa kurang memiliki motivasi dalam mempelajari materi Pemrograman Web Dinamis, dan tentunya mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelejaran interaktif dengan menggunakan model pengembangan ADDIE pada mata pelajaran Pemrograman Web Dinamis, dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan.

Model pengembangan ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran ini, tersusun seperti model pengembangan ADDIE pada umumnya yaitu terdiri dari lima tahapan yakni: 1) Analysis, 2) Design, 3) Developmnet, 4) Implementation, 5) Evaluation. Penerapan model pengembangan ADDIE dalam penelitian pengembangan ini dipilih karena kelebihan yang dimiliki oleh model pengembangan ADDIE, dimana model pengembangan ini terdiri dari langkah-langkah yang tersusun secara sistematis dalam upaya permasalahan pembelajaran yang didasari oleh kebutuhan dan karakteristik siswa. Dalam pengujian sistem menggunakan motede pengujian Black-Box. Metode ini akan meningkatkan kualitas dan validitas fungsionalitas media pembelajaran yang dikembangkan dan sesuai dengan kebutuhan yang telah didefinisikan.

 

Hasil data yang didapatkan dari uji validasi dan uji coba media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dengan menggunakan software Adobe Edge Animate CC 2014 yang telah dibuat, disajikan sebagai berikut: 1) hasil validasi ahli media sebesar 97,79%, 2) hasil validasi ahli materi sebesar 97,0%, 3) hasil uji coba perorangan sebesar 92.52%, 4) hasil uji coba kelompok kecil sebesar 83,08%, dan 5) hasil uji coba kelompok besar sebesar 86,55%. Hasil persentase keseluruhan validasi ahli dan uji coba siswa sebagai produk akhir, menyatakan bahwa media pembelajaran sudah valid dan layak untuk digunakan.