SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar E-learning Rancang Bangun Jaringan Kelas XI Semester Gasal Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK

YOPY ADIANTORO

Abstrak


ABSTRAK

 

Adiantoro, Yopy. 2017. Pengembangan Bahan Ajar E-learning Rancang

Bangun Jaringan Kelas XI Semester Gasal Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Slamet Wibawanto, M.T. (II) Dr. Eng. Muhammad Ashar, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: pengembangan, bahan ajar, rancang bangun jaringan

Rancang Bangun Jaringan merupakan salah satu mata pelajaran wajib bagi siswa kompetensi keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) di SMK. Penelitian ini dilatarbelakangi tersedianya jaringan internet dan prasarana yang mendukung, serta terbatasnya bahan ajar menggunakan Jaringan internet. Salah satu pemanfaatan Jaringan internet yaitu dengan penggunaan media akses e-learning. Pembelajaran menggunakan e-learning yang mudah diakses oleh siswa dapat dijadikan sebagai pembelajaran yang mandiri, serta dapat memberikan inovasi dalam pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka, bentuk  bahan ajar e-learning yang berupa modul digital (.pdf) dan video pembelajaran (.mp4) dapat dijadikan sebagai solusi dalam pembelajaran menggunakan Jaringan internet untuk mendukung pembelajaran siswa.

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah merancang mengembangkan dan menguji kelayakan bahan ajar e-learning mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan. Metode penelitian dan pengembangan yang akan digunakan dalam pengembangan bahan ajar adalah ADDIE. Terdapat 5 langkah penelitian dan pengembangan yang dilakukan yaitu 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, 5) Evaluasi.

 

Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan menggunakan angket, diperoleh hasil 93,28% dari review ahli, 88,75% dari uji coba kelompok kecil, dan 89,79% dari uji coba lapangan. Dari hasil analisis data keseluruhan diperoleh nilai rata-rata sebesar 90,60%. Sehingga dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar e-learning  pada mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan dinyatakan layak untuk digunakan di sekolah.