SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Kewirausahaan dan Literasi Sosial Media untuk Berwirausaha dengan Minat Berwirausaha Siswa SMK di Kota Blitar. Skripsi

YOPY ADIANTORO

Abstrak


ABSTRAK

 

Abror, Muhamad Lutfi. 2017. Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Kewirausahaan dan Literasi Sosial Media untuk Berwirausaha dengan Minat Berwirausaha Siswa SMK di Kota Blitar. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi C.P., M.Pd., M.T., (II) M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom.

 

Kata kunci: Efektivitas Pembelajaran, Literasi Sosial Media, Minat Berwirausaha.

Berdasarkan pengamatan dan interaksi dengan siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK di Kota Blitar, kondisi pembelajaran kewirausahaan dirasakan kurang efektif. Efektivitas pembelajaan kewirausahaan merupakan aspek penting untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran kewirausahaan. Literasi sosial media untuk berwirausaha dapat mempengaruhi minat siswa dalam berwirausaha. Karena dengan literasi tersebut, sosial media dapat dimanfaatkan menjadi media pemasaran yang ampuh untuk berwirausaha.

Tujuan penelitian adalah: (1) mendeskripsikan tingkat minat berwirausaha (Y); (2) mendeskripsikan tingkat efektivitas pembelajaran kewirausahaan (X1); (3) mendeskripsikan tingkat literasi sosial media untuk berwirausaha (X2); (4) mengetahui signifikansi hubungan antara X1 dengan Y; (5) mengetahui signifikansi hubungan antara X2 dengan Y; (6) mengetahui signifikansi hubungan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y pada siswa SMK di Kota Blitar; (7) mengetahui pengaruh secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y pada siswa SMK di Kota Blitar

Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional menggunakan metode expost facto. Responden penelitian ini adalah siswa SMK kelas XI Jurusan TKJ di Kota Blitar. Pengumpulan data masing-masing variabel menggunakan kuesioner. Nilai reliabilitas variabel X1 sebesar 0,854, variabel X2 sebesar 0,884, dan varibel Y sebesar 0,870. Untuk mengungkap hubungan X1 dengan Y dan hubungan X2 dengan Y menggunakan analisis korelasi parsial. Sedangkan untuk mengungkap hubungan X1 dan X2 secara simultan dengan Y menggunakan analisis regresi linear ganda.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y, serta pengaruh yang ditimbulkan X1 terhadapat Y sebesar 5,55%; (2) ada hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y, serta pengaruh yang ditimbulkan X2 terhadapat Y sebesar 37,85%; (3) ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y, serta pengaruh yang ditimbulkan X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y sebesar 43,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh antara variabel X1 dengan Y; (2) terdapat pengaruh antara variabel X2 dengan Y; (3) terdapat pengaruh antara variabel X1 dan X2 secara simultan dengan Y.