SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH INTERAKSI ANTARA FAKTOR MINAT BELAJAR DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE DAN OPEN ENDED PROBLEMSTERHADAP RATA-RATA HASIL BELAJAR TEKNIK ANIMASI 2D DAN 3D PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 3 MALANG

Sheila Ramadani

Abstrak


ABSTRAK

 

Ramadani, Sheila. 2017. Pengaruh Interaksi antara Faktor Minat Belajar dengan Penerapan Model Pembelajaran Drill and Practice dan Open Ended

Problems terhadap Rata-rata Hasil Belajar Teknik Animasi 2D dan 3D pada Siswa Kelas X SMK PGRI 3 Malang. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Setiadi C.P., M.Pd., M.T (2) Yuni Rahmawati, S.T., M.T

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Minat Belajar, Drill and Practice, Open Ended

Problems, Teknik Animasi 2D dan 3D. Berdasarkan hasil wawancara guru mata pelajaran Teknik Animasi 2D dan 3D dan pengalaman mengajar di SMK PGRI 3 Malang jurusan Multimedia mata pelajaran Teknik Animasi 2D dan 3D pada Kompetensi Dasar teknik animasi tweening, proses pembelajaran yang terjadi adalah sebagai berikut: (1) kebanyakan siswa tidak memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas, (2) siswa dengan minat belajar rendah tidak mampu memahami materi, (3) siswa dengan minat belajar rendah bergantung pada siswa dengan minat belajar tinggi, (4) hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengungkap capaian rata-rata hasil belajar Teknik Animasi 2D dan 3D siswa kelas X Jurusan Multimedia di SMK PGRI 3 Malang, (2) mengungkap pengaruh interaksi antara faktor minat belajar dengan faktor model belajar Drill and Practice dan Open Ended Problems terhadap ratarata hasil belajar Teknik Animasi 2D dan 3D siswa kelas X Jurusan Multimedia di SMK PGRI 3 Malang, dan (3) mengungkap yang paling berbeda diantara empat kelompok rata-rata hasil belajar Teknik Animasi 2D dan 3D siswa karena faktor minat belajar dengan faktor model belajar Drill and Practice dan Open Ended

Problems yang saling diperbandingkan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian true eksperiment dengan rancangan penelitian faktorial 2x2 yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan keefektifan suatu model pembelajaran yaitu Drill and Practice dan Open Ended

Problems yang dilaksanakan pada siswa dengan tingkat minat belajar tinggi dan minat belajat rendah terhadap rata-rata hasil belajar keterampilan mata pelajaran Teknik Animasi 2D dan 3D di SMK PGRI 3 Malang. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) rata-rata hasil belajar kelompok minat belajar tinggi dengan penerapan model pembelajaran Drill and Practice mendapatkan nilai dengan kriteria tertinggi sebesar 50%, (2) rata-rata hasil belajar kelompok minat belajar tinggi dengan model pembelajaran Open Ended Problems mendapatkan nilai kriteria tertinggi sebesar 60%, (3) rata-rata hasil belajar kelompok minat belajar rendah dengan model pembelajaran Drill and Practice mendapatkan nilai kriteria tertinggi sebesar 40%, dan (4) rata-rata hasil belajar kelompok minat belajar rendah dengan model pembelajaran Open Ended Problems mendapatkan nilai kriteria tertinggi sebesar 10%. Dari analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Drill and Practice lebih efektif untuk meingkatkan minat belajar siswa sehingga hasil belajar aspek keterampilan juga mengalami peningkatan.