SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Pembelajaran Fuzzy pada Mata Kuliah Sistem Cerdas untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Dyah Rosita Anggraeni

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraeni, Dyah Rosita. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Fuzzy pada Mata Kuliah Sistem Cerdas untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T. (2) Dr. Eng Anik Nur Handayani, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Pengembangan, modul pembelajaran, fuzzy logic, sistem cerdas

Mata kuliah Sistem Cerdas (PTEL 667) merupakan mata kuliah wajib untuk mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang. Standar kompetensi yang harus dikuasai dalam mata kuliah tersebut adalah mahasiswa dapat menegaskan pengertian tentang konsep sistem cerdas dan mengimplementasikannya dalam bidang teknik elektronika. Salah satu pokok bahasan yang dipelajari dalam mata kuliah tersebut adalah teknik penyelesaian masalah reasoning menggunakan logika fuzzy. Berdasarkan hasil observasi pada mahasiswa dan wawancara terhadap dosen pengampu mata kuliah Sistem Cerdas, diketahui bahwa modul pembelajaran untuk materi logika fuzzy masih belum ada yang sesuai dengan silabus yang digunakan. Selain hal tersebut, waktu untuk mata kuliah Sistem Cerdas hanya 2 JS. Hal ini berpengaruh pada kemampuan mahasiswa dalam memahami materi tersebut. Sesuai dengan latar belakang tersebut, dikembangkan modul pembelajaran Fuzzy untuk membantu mahasiswa dalam memahani materi fuzzy.

Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap pengembangan, yaitu: (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, dan (5) Evaluate. Penelitian dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan melalui validasi dan uji coba menggunakan instrumen angket. Validasi produk dilakukan kepada ahli materi dan ahli media, sedangkan uji coba dilakukan pada mahasiswa yang sudah dan sedang menempuh mata kuliah Sistem Cerdas. Uji coba dilakukan dalam dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.

Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran dalam bentuk modul untuk pegangan dosen dan mahasiswa. Persentase kelayakan yang didapatkan dari validasi ahli materi untuk modul pegangan mahasiswa 91.00% dan modul pegangan dosen 93.00%, validasi ahli media 91.00%. Sedangkan untuk hasil uji coba didapatkan persentase hasil uji coba kelompok kecil 93.36% dan kelompok besar 89.47%. Berdasarkaan data hasil validasi dan uji coba tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan secara keseluruhan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran Sistem Cerdas di Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang.