SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK UNTUK SISWA KELAS XII SMK PAKET KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK

Fara Ashri Fatihah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fatihah,  Fara Ashri. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Digital Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk Siswa Kelas XII SMK Paket Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Slamet Wibawanto, M.T., (II) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Digital, Instalasi Motor Listrik.

Instalasi Motor Listrik merupakan mata pelajaran yang wajib dikuasai oleh siswa SMK karena merupakan mata pelajaran kelompok C3 yaitu kompetensi kejuruan. Proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik bila didukung dengan ketersediaan bahan ajar. Dari berbagai permasalahan yang dijumpai pada saat observasi selama KPL di SMKN 6 Malang yang akan dibantu penyelesaiannya dalam skripsi ini adalah masalah keterbatasan bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar digital mata pelajaran Instalasi Motor Listrik kelas XII SMK  paket keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik, khusus materi Programmable Logic Controller.

Metode pengembangan menggunakan model pengembangan Dick and Carey dengan prosedur sebagai berikut: (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran; (2) melaksanakan analisis pembelajaran; (3) mengidentifikasi tingkah laku/karekteristik siswa; (4) merumuskan tujuan khusus; (5) mengembangkan instrumen penilaian; (6) mengembangkan strategi pembelajaran; (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran; (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif; (9) melakukan revisi bahan pembelajaran.

 

Hasil penelitian dan pengembangan ini yaitu bahan ajar digital berupa modul digital dan video untuk mata pelajaran Instalasi Motor Listrik kelas XII SMK Peket Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Hasil evaluasi formatif untuk bahan ajar digital ini masuk dalam kategori sangat layak digunakan. Jadi bahan ajar digital pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XII SMK Paket Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik siap digunakan sebagai sumber belajar.