SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK KELAS XI TINGKAT SMK

Aprilian Dwi Saputro

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, web, Pemrograman Berorientasi Obyek, e-learninacg.

Era digital di masa sekarang ini, setiap individu hampir tidak lepas dari perkembangan teknologi informasi. Perkembangan itu telah masuk ke setiap sendi kehidupan manusia. Salah satunya adalah perkembangan internet, internet tidak lepas dari perkembangan web. Dengan web pengguna internet bisa melakukan apa saja yang ia inginkan, begitu juga dalam dunia pendidikan.Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMK Negeri 4 Malang, SMK Negeri 5 Malang, dan SMK Negeri 2 Singosari. SMK Negeri 4 Malang telah memiliki e-learning/web berbasisi pembelajaran pada mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Obyek, sedangkan untuk SMK Negeri 5 Malang dan SMK Negeri 2 Singosari, belum memiliki media pembelajaran berbasis web. Kemudian dari hasil wawancara terhadap beberapa siswa didapatkan bahwa mereka membutuhkan media pembelajaran tambahan yang mudah di akses.Tujuan pengembangan dan penelitian ini ialah : (1) Mendiskripsikan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Obyek di SMK; (2) Mengembangkan media pembelajaran berbasis web untuk mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Obyek kelas XI; (3) Menguji kelayakan media pembelajaran yang telah dikembangkan.

Model pengembangan yang digunakan dalam skripsi ini adalahmodel pengembangan Sadiman, prosedur pengembangannya yaitu: menganalisa kebutuhan dan karakteristik siswa; merumuskan tujuan instruksional dengan operasional khas;merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan; mengembangkan alat pengukur keberhasilan; menulis naskah media; mengadakan tes dan revisi. Hasil dari pengembangan ini adalah media pembelajaranberbasis web pada mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Obyek pada kelas XI tingkat SMK.

 

Hasil yang diperoleh dari pengembangan dan penelitian media pembelajaran berbasis web ini didapatkan bahwa untuk penilaian dari ahli media didapatkan persentase sebesar 95%, ahli materi sebesar 84,4%, uji coba satu lawan satu sebesar 96,02%, uji coba kelompok kecil sebesar 87,6%, dan uji coba lapangan sebesar 91,6%. Dengan begitu rata-rata persentase yang didapatkan sebesar 89,98%. Jumlah persentase tersebutmedia pembelajaran berbasis webpada mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Obyek kelas XIyang telah dikembangkan layak untuk dijadikan media pembelajaran bagi siswa kelas XI pada program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK.