SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web dengan Model Drill and Practice pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X Program Keahlian Multimedia SMK Negeri 11 Malang

Robby Maulana Zamil Putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Berbasis Web, Pemrograman Web, Drill and Practice

Mata Pelajaran Pemrograman Web merupakan mata pelajaran yang wajib diampu oleh siswa SMK khususnya pada Program Keahlian Multimedia.Permasalahan yang diperoleh dari kegiatan observasi di SMKN 11 Malang adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap Mata Pelajaran Pemrograman Web khususnya kelas X Program Keahlian Multimedia.Model Pembelajaran yang digunakan oleh guru pengajar adalah metode ceramah dari guru kepada siswa. Metode ceramah merupakan salah satu bentuk dari metode pembelajaran Konvensional. Pada saat praktikum berlangsung, guru menggunakan ceramah untuk menjelaskan materi pokok pembelajaran, setelah itu memberikan instruksi kepada siswa untuk mengerjakan soal latihan praktikum. Melalui Pengamatan pada saat praktikum terdapat 82% siswa menyatakan kurang paham terhadap Mata Pelajaran Pemrograman Web dikarenakan latihan praktikum sangat sulit untuk dipahami oleh siswa.

Berdasarkan masalah yang tertera diatas, maka dikembangkan Media Pembelajaran berupa bahan ajar berbasis webdengan konten latihan bertahap di dalamnya, yang dirancang sesuai dengan Model Pembelajaran Drill and Practice.Melalui latihan tersebut akan menanamkan kebiasaan siswa dalam menyelesaikan masalah yang lebih kompleks, sehingga dengan latihan bertahap, diharapkan siswa dengan tingkat pemahaman rendah juga dapat memahami materi pokok dengan baik. Bahan ajar berbasis website dikembangkan dengan menggunakan Model Pengembangan Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate (ADDIE), yang dikembangkan oleh Dick and Carrey (1996).

 

Hasil yang diperoleh dari pengembangan dan penelitian bahan ajar berbasis web ini adalah, Ahli Media diperoleh persetase sebanyak 86%,Ahli Materi diperoleh persetase sebanyak 82.5%, Uji Coba Kelompok Kecil sebanyak 88.9%, Uji Coba Kelompok Besar sebanyak 88.9%. dengan demikian berdasarkan kriteria yang ditetapkan, jika rentangan persentase rata-rata sebesar 70.01%-100% seperti , maka seluruh uji coba dinyatakan valid dan dapat di terapkan pada Pembelajaran Pemrograman Web Kelas X Program Keahlian Multimedia