SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Perilaku Praktikum dan Relevansi Tempat Prakerin dengan Kesiapan Kerja pada Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK se - Kabupaten Tulungagung

Frengky Irdian Firazza

Abstrak


ABSTRAK

 

Firazza, Frengky Irdian. 2017. Hubungan Perilaku Praktikum dan Relevansi Tempat Prakerin dengan Kesiapan Kerja pada Program Keahlian Teknik Istalasi Tenaga Listrik Di SMK se-Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Setiadi C.P, M. Pd., MT, (II) Yuni Rahmawati, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Perilaku Praktikum, Relevansi Tempat Prakerin, Kesiapan Kerja

Tujuan dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah mencetak lulusan yang siap bekerja terampil. Perilaku Praktikum menggambarkan adanya tindakan yang nantinya kebiasaan perilaku tersebut akan diimplementasikan secara langsung pada dunia kerja. Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan fasilitas sekolah yang membantu peserta didik untuk menambah wawasan dan pengalaman pada dunia kerja.

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui kesiapan kerja siswa program keahlian TITL di SMK, (2) mengetahui tingkat perilaku praktikum pada siswa program keahlian TITL di SMK, (3) mengetahui tingkat relevansi tempat prakerin pada siswa program keahlian TITL SMK, (4) mengetahui signifikansi hubungan antara (X1) dengan Y pada program keahlian TITL, (5) mengetahui signifikansi hubungan antara X2 dengan (Y) pada program keahlian TITL, dan (6) mengetahui signifikansi hubungan secara simultan antara (X1) dan (X2) dengan (Y) pada program keahlian TITL di SMK se- Kabupaten Tulungagung.

Penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional menggunakan metode Ex Post Facto. Responden penelitian siswa SMK kelas XI Jurusan TITL di Kabupaten Tulungagung. Pengumpulan data masing-masing variabel menggunakan kuesioner. Nilai reliabilitas kuesioner variabel X1 sebesar 0,737, variabel X2 sebesar 0,891, dan varibel Y sebesar 0,903. Untuk mengungkap hubungan X1 dengan Y dan hubungan X2 dengan Y menggunakan analisis korelasi parsial. Sedangkan untuk mengungkap hubungan X1 dan X2 secara simultan dengan Y menggunakan analisis regresi linear ganda.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifikansi antara (X1) dan (Y), dengan koefisien korelasi rx1y = 0,479; (2) terdapat hubungan positif dan signifikansi antara (X2) dan (Y), dengan koefisien korelasi rx2y = 0,268; (3) terdapat hubungan positif dan signifikansi antara (X1) dan (X2) secara simultan dengan (Y), dengan nilai r = 0,604 dan nilai F = 39,362. Sumbangan efektif variabel (X1) = 47,81% dan (X2) = 52,19%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan positif dan signifikansi antara (X1) dengan (Y); (2) terdapat hubungan positif dan signifikansi antara (X2) dengan (Y); (3) terdapat hubungan positif dan signifikansi antara (X1) dan (X2) secara simultan dengan Y.