SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Pada Matapelajaran Jaringan Dasar Program Keahlian TKJ SMK

Dewi Purwati

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajaran kovensional sering mengakibatkan siswa menjadi bosan.Berdasarkan hasil observasi bahwa penyampaian materi matapelajaran Jaringan Dasar yang dilakukan masih menggunakan media konvensional seperti power point, pdf, buku dan sumber internet yang belum diketahui tingkat kevalidannya. Hal ini berdampak pada hasil belajar yang kurang maksimal. Sehingga dibutuhkan mediapembelajaran inovatif dan kreatif yang dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran penggunaan media pembelajaran, menghasilkan media pembelajaran, dan menguji tingkat kelayakan media pembelajaran Jaringan Dasar.

Metode pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran ini adalah model 4D. Model 4D memiliki tahapan antara lain: (1)define; (2)design; (3)develop;dan (4)disseminate.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK. Teknik pengumpulan data menggunakan angket.Pengujian kelayakan dilakukan dengan uji review dari ahli materi dan ahli media, uji coba skala terbatas danuji coba skala luas.

Pengembangan ini menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis mobilematapelajaran Jaringan Dasar dengan nama Media JarDas.apk. Berdasarkan analisis data diperoleh dari uji coba diperoleh persentase validitas rata - rata Media JarDas 89,04%. Nilai ini tergolong kategori sangat layak.Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media JarDas dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri maupun sebagai media suplemen pembelajaran di kelas dan di luar kelas.