SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sistem Try Out Online Berbasis Website di MTsN Kota Pasuruan

abdul khakim makruf

Abstrak


ABSTRAK

 

Try out online merupakan sebuah sistem yang dikembangkan untuk membuat sebuah sistem pengujian terhadap siswa secara online, dengan tujuan mendapatkan nilai dan tercapainya evaluasi pembelajaran tertentu. Try out dilakukan dengan tujuan agar siswa mampu mempersiapkan dalam menghadapi ujian nasional.

Berdasarkan observasi awal di MTsN Kota Pasuruan membutuhkan sistem try out online untuk menunjang persiapan siswa dalam pelaksanaan ujian nasional. Sistem ini diperlukan untuk dapat mempermudah pelaksanaan try out, sehingga pelaksanaannya akan lebih cepat dan tidak mengganggu pelajaran yang lain. Pengembangan sistem bertujuan untuk menghasilkan rancangan sistem dan sistem yang layak digunakan. Metode pengembangan sistem ini dikembangkan dengan metode prototipe. Pengembangan sistem try out online tersebut menggunakan framework laravel dan bootstrap karena memiliki fitur yang bagus dan mudah diperbaharui. Sistem tersebut akan menyajikan fitur user-friendly, rating score ,dan random question. Pengembangan try out online dibuat semudah mungkin dan sistem dikembangkan hanya mengambil dari pokok-pokok inti sistem try out. Pengembangan sistem try out online ini dikembangkan menggunakan model pengembangan prototipe dan penerapan prototipe dilakukan 2 kali untuk kelayakan sistem. Sistem try out bersifat online sehingga dapat diakses dimana saja dan memungkinkan try out dikerjakan dirumah masing-masing siswa.

 

Penggunaan sistem di MTsN Kota Pasuruan dilakukan secara online. Pengujian validasi sistem dilakukan oleh ahli sistem dan guru, hasil dari pengujian yang dilakukan oleh ahli sistem dan guru diperbaiki dan direvisi menjadikan hasil pengujian fungsionalitas menjadi 100% . Percobaan penggunaan ujian try out oleh siswa berjalan dengan baik. Beberapa tanggapan tentang sistem try out ini yaitu sistem sudah bagus dan sudah baik untuk digunakan. Pengembangan selanjutnya berharap dapat dimaksimalkan untuk pengembangan sistem tersebut.