SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS ANDROID PADA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Ade Ari Sandra

Abstrak


ABSTRAK

Sandra, Ade Ari. 2017. Pengembangan Layanan Sistem Informasi Akademik Berbasis Android Pada Jurusan Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Heru Wahyu Herwanto (II) Triyanna Widyaningtyas

 

Kata kunci : Sistem Informasi Akademik, Android, Waterfall

Dalam sebuah perguruan tinggi, sistem informasi akademik sangat penting dalam mendukung pemberian layanan yang terbaik dalam kegiatan perkuliahan. Proses distribusi informasi yang baik dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang baik pula terhadap setiap perguruan tinggi.Selama ini proses pendistribusian sistem informasi pada setiap perguruan lebih cenderung menggunakan website dan masih menggunakan papan pengumuman.

Android adalah sistem operasi mobile terbuka buatan Google. Pada survey yang dilakukan di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang, sudah banyak mahasiswa yang mempunyai ponsel berbasis android ini. Perkembangan teknologi android secara luas sudah berkembang pesat, banyak mahasiswa Jurusan Teknik Elektro yang memiliki perangkat ponsel berbasis android. Sehingga aplikasi ini akan memudahkan para mahasiswa dalam mengakses informasi akademik melalui perangkat ponsel mereka masing-masing.

Tujuan pengembangan sistem informasi ini adalah (1)Membuat aplikasi android yang dapat membantu mahasiswa dalam pengaksesan informasi akademik yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. (2) Mengujikan aplikasi android yang dibuat. (3) Menyebarluaskan aplikasi android yang sudah layak digunakan kepada mahasiswa.

Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan waterfall. Menurut Presman (2002), model waterfall melakukan pendekatan secara sistematis dan urut; dimulai dari level analisis (Requirement Definition) kebutuhan sistem. Tahapan ini sering disebut dengan Project Definition, lalu menujutahap desain sistem dan perangkat lunak (system and software design), tahap implementasi dan pengujian unit (implementation and unit testing), dan tahap operasi dan pemeliharaan (operation and maintenance).

 

Pengujian pada pengembangan sistem ini yaitu validasi fungsionalitas dan usabilitas sistem menggunakan uji blackbox. Hasil uji coba produk menunjukkan rata-rata persentase aspek fungsionalitas sebesar 100% dan rata-rata persentase aspek usabilitas sebesar 92,52%. Dengan demikian SiAAN dapat dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai sistem informasi akademik di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.