SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Kompetensi Keahlian dan Kesesuaian Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo

Winda Cahyaning Widyasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Widyasari, Winda Cahyaning. 2017. Hubungan Antara Kompetensi Keahlian dan Kesesuaian Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tri Atmadji S, M.Pd

 

Kata Kunci: SMK, kompetensi keahlian, praktik industri, kesiapan kerja

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berorientasi untuk memasuki dunia industri. Peserta didik dibekali dengan berbagai macam kompetensi keahlian. Peserta didik tidak hanya belajar didalam sekolah, tetapi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) juga diberikan kesempatan untuk mengenal industri secara langsung lewat program magang di industri atau yang sering disebut dengan Prakerin. Hal ini bertujuan agar kompetensi keahlian peserta didik yang diberikan sesuai dengan kurikulum yang digunakan dan juga sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau industri. Penelitian ini merupakan penilitian deskriptif kuantitatif yang sifatnya korelasional. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui seberapa tinggi kompetensi keahlian, kesesuaian praktik kerja industri dan kesiapan memasuki dunia kerja pada peserta didik kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara kompetensi keahlian dengan kesiapan memasuki dunia kerja pada peserta didik kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo. (3) Untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara kesesuaian praktik industri dengan kesiapan memasuki dunia kerja pada peserta didik kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo.

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo yang berjumlah 353 siswa. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 164 siswa. Variabel yang akan diteliti ada tiga yaitu kompetensi keahlian dan kesesuaian praktik kerja industri sebagai variabel bebas, sedangkan variabel kesiapan memasuki dunia kerja sebagai variabel terikat. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi parsial untuk hipotesis pertama dan kedua serta uji regresi linier berganda untuk hipotesis ketiga.

 

Hasil penelitian ini adalah (1) Terjadi hubungan yang signifikan antara kompetensi keahlian dengan kesiapan memasuki dunia kerja pada siswa kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo. (2) Terjadi hubungan yang signifikan antara kesesuaian praktik kerja industri dengan kesiapan memasuki dunia kerja pada siswa kelas XII program kahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo. (3) Terjadi hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi keahlian dan kesesuaian praktik kerja industri terhadap kesiapan memasuki dunia kerja pada siswa kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo.