SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DETEKSI PLAGIASI (SiDiK) BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ALGORITMA RABIN-KARP PADA LAPORAN PRAKTIK INDUSTRI SISWA SMK NEGERI 5 MALANG JURUSAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Ahmad Zakariya

Abstrak


ABSTRAK

 

Pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan dapat meningkatkan pelayanan pendidikan. Namun apakah penggunaan teknologi selalu memberikan dampak  yang baik. Menurut Harper (2006) penggunaan teknologi berhasil meningkatkan kualitas di dunia pendidikan, disisi lain mengakibatkan kecurangan termasuk plagiasi. Menunjukkan hubungan positif terhadap meningkatnya penggunaan teknologi.

Selama ini proses identifikasi plagiasi dilakukan secara manual, yaitu dibaca dan dibandingkan secara langsung. Hal ini menyulitkan guru dalam memeriksa laporan yang ada. Selain terbatasnya waktu dalam memeriksa laporan, untuk mengetahui persentase plagiasi hanya diperkirakan, sehingga tidak dapat mengetahui persentase plagiasi yang lebih akurat.

Rabin-Karp merupakan salah satu algoritma dokumen finger printing dimana metode deteksi kesamaaan teks (similarity) dengan cara membandingkan pola hash. Merubah kata menjadi digit radix dan dipadukan dengan metode k-gram membuat algoritma ini menjadi istimewa, karena dapat membandingkan pola susunan kata. Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk perbandingan menjadi lebih cepat dibandingkan membandingkan teks secara langsung dan dari segi keakuratan algoritma ini cukup menjanjikan. Dengan diimplementasikan dalam bentuk sistem informasi berbasis  web akan mempermudah dalam koordinasi, siswa cukup upload laporan dalam bentuk PDF dan hasil dapat diketahui. Sistem ini dikembangkan menerapkan prosedur pengembangan waterfall, dengan pengerjaan tahap demi tahap.

Produk yang dihasilkan berupa sistem informasi berbasis web yang diakses melalui jaringan intranet. Fungsionalitas utama dari sistem ini adalah upload laporan dalam bentuk PDF, deteksi plagiasi, dan perhitungan kesamaan. PDF yang di-upload akan melalui tahapan ekstraksi text, filter abjad, menghilangkan kata ganti, mengubah kata dalam bentuk index, proses deteksi plagiasi menggunakan algoritma rabin-karp, proses penghitungan kesamaan menggunakan similarity coefficient, dan penyimpanan hasil deteksi ke database.

 

Dari hasil uji coba Black-Box, didapatkan hasil sebagai berikut : (1) uji ahli didapatkan hasil 100%, (2) uji admin didapatkan hasil 100%, (3) uji guru didapatkan hasil 100%, dan (4) uji siswa didapatkan hasil 100%. Berdasarkan data yang didapatkan telah memenuhi prinsip pareto yaitu hasil lebih dari 80%, sehingga dapat disimpulkan sistem informasi deteksi plagiarism adalah valid fungsionalitas.