SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Mobile Pada Mata Pelajaran Teknologi Infrastruktur Jaringan Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK PGRI 3 Malang.

Akbar - Giffary

Abstrak


ABSTRAK

 

Giffary, Akbar. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Mobile Pada Mata Pelajaran Teknologi Infrastruktur Jaringan Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK PGRI 3 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd., (2) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom.

 

Kata Kunci : Game Edukasi,  Media Pembelajaran, Teknik Komputer Jaringan, Mobile, Sekolah Menengah Kejuruan

Mata pelajaran Teknologi Infrastruktur Jaringan adalah salah satu mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa kelas X di SMK PGRI 3 Malang. Dari hasil observasi yang dilakukan terdapat beberapa temuan yaitu: (1) guru cenderung menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi; (2) guru kurang mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran; (3) peserta didik lebih senang belajar dengan praktik yang dapat melibatkan mereka secara aktif dan (4) peserta didik sulit mendapatkan gambaran jelas terkait materi yang disampaikan oleh guru. Akibatnya, komunikasi yang berlangsung sifatnya hanya satu arah, media pembelajaran yang digunakan masih belum membuat siswa memahami materi yang diberikan, siswa menjadi kurang termotivasi saat proses belajar mengajar berlangsung dan beberapa siswa masih merasa kebingungan karena tidak adanya gambaran yang diberikan saat materi dipaparkan guru.

Dari masalah yang ditemukan maka solusi yang didapatkan adalah dengan  pembuatan media pembelajaran berupa Game Edukasi. Tujuan dari pengembangan ini adalah: (1) Merancang media pembelajaran Game Edukasi pada mata pelajaran Teknologi Infrastruktur Jaringan dalam bentuk storyboard; (2) Mengembangkan media pembelajaran Game Edukasi pada mata pelajaran   Teknologi Infrastruktur Jaringan pada kelas X di SMK PGRI 3 Malang dan (3) Mengetahui tingkat kelayakan produk media pembelajaran Game Edukasi pada mata pelajaran Teknologi Infrastruktur Jaringan pada kelas X di SMK PGRI 3 Malang.

Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; dan (5) Evaluation. Hasil jadi dari pengembangan ini akan melewati tahap validasi dari ahli materi dan ahli media, setelah itu akan diuji cobakan ke peserta didik untuk mengetahui kelayakan media. Pengembangan media pembelajaran Game Edukasi diharapkan dapat mengatasi masalah yang disebutkan diatas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar uji coba perseorangan, kelompok kecil dan kelompok besar.

 

Hasil pengembagan ini adalah: (1) Persentase dari uji coba oleh ahli materi 1 dan 2 masing-masing sebesar 87,67% dan 81,22%; (2) Persentase dari uji coba oleh ahli media 1 dan 2 masing-masing sebesar 93,36% dan 92,86%; serta (3) uji coba perseorangan, kecil dan besar masing-masing sebesar 77,86%; 80,77% dan 86,17%. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan media pembelajaran Game Edukasi layak digunakan pada mata pelajaran Teknologi Infrastruktur Jaringan.