SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UJI BEDA KOMPETENSI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI JARINGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN VIDEO DAN BERBANTUAN POWERPOINT PADA KELAS XI TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMKN 10 MALANG

Lendi Ismawanto

Abstrak


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah sekolah kejuruan yang memiliki tujuan utama untuk mempersiapkan peserta didiknya untuk mendapat bekerja pada bidang tertentu (Sisdiknas UU No.20 Tahun 2013).

Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kompetensi belajar siswa pada mata pelajaran sistem operasi jaringan menggunakan model PBL berbantuan video dan powerpoint. Kompetensi belajar yang diukur adalah kompetensi belajar ranah pengetahuan dan keterampilan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dirancang sebagai penelitian PBL video dengan bentuk PBL video. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 10 Malang dengan kelas XI TKJ3 sebagai kelas PBL video dan X TKJ 2 sebagai kelas PBL PPT. Instrumen pada penelitian ini adalah soal pre test, post test dan keterampilan. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian soal pre-test, post-Test dan keterampilan. Analisis data dengan menggunakan analisis data deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar pada kelas PBL video lebih tinggi dibandingkan kelas PBL PPT. Dengan rata-rata kenaikan sebesar 29,17 pada kelas PBL video dan 18,19 pada kelas PBL PPT. Selain itu dapat dilihat dari rata-rata nilai keterampilan sebesar 90,42 untuk kelas PBL video dan 80,28 untuk kelas PBL PPT. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model PBL berbantuan video lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.