SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Praktek Kerja Industri (Prakerin) Menggunakan Metode Decision Tree di SMK Negeri 8 Malang.

Reza Dwi Hermawan

Abstrak


ABSTRAK

Hermawan, Reza Dwi. Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Praktek Kerja Industri (Prakerin) Menggunakan Metode Decision Tree di SMK Negeri 8 Malang. Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom., (II) Dr. Eng. Anik Nur Handayani, S.T., M.T.

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Decision Tree, Praktek Kerja Industri, Waterfall

Sistem Pendukung Keputusan merupakan suatu sistem interaktif dimana sistem memiliki tujuan untuk menyediakan informasi, membimbing dan memberikan prediksi serta mengarahkan pengguna agar dapat melakukan pengambilan keputusan dengan baik. SMK Negeri 8 belum memiliki sistem yang mampu memberikan bantuan dalam pengambilan keputusan rekomendasi prakerin untuk siswanya. Tujuan dari pengembangan sistem pendukung keputusan ini adalah membantu siswa, ketua pokja praktek kerja industri di SMK Negeri 8 Malang dalam memberikan rekomendasi kategori lokasi prakerin yang tepat pada siswa-siswinya dalam pelaksanaan kegiatan prakerin.

Model pengembangan yang digunakan di dalam pengembangan sistem pendukung keputusan ini adalah pengembangan waterfall. Model pengembangan ini dilakukan melalui 5 tahapan yaitu (1) Analisa dan Definisi Kebutuhan, (2) Perancangan Sistem dan Perangkat Lunak, (3) Implementasi dan Pengujian Unit, (4) Integrasi dan Pengujian Sistem, dan (5) Operasi dan Pemeliharaan. Metode pengujian yang digunakan adalah blackbox, yaitu dengan menguji fungsionalitas dari sistem yang dikembangkan.

Berdasarkan hasil pengujian fungsionalitas oleh ahli sistem informasi, siswa, administrator, dan ketua pokja, mendapatkan persentase sebesar 100% untuk aspek fungsionalitas pada sistem. Sedangkan, klasifikasi yang dihasilkan dengan menggunakan metode decision tree menghasilkan persentase 89,23% pada pengujian data latih. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem pendukung keputusan rekomendasi prakerin siswa telah layak dan dapat digunakan di SMK Negeri 8 Malang dan rekomendasi yang dihasilkan dapat menjadi acuan pihak sekolah dalam menentukan kategori lokasi prakerin siswa yang seuai. Diharapkan dengan pengembangan sistem pendukung keputusan rekomendasi praktek kerja industri ini dapat bermanfaat bagi siswa dan pihak sekolah dalam hal ini administrator dan ketua pokja praktek kerja industri di SMK Negeri 8 Malang.