SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN HASIL BELAJAR MATAKULIAH BASISDATA SERTA KOMUNIKASI DATA DAN JARINGAN KOMPUTER DALAM MENUNJANG PEROLEHAN HASIL BELAJAR PADA MATAKULIAH BASISDATA TERDISTRIBUSI MAHASISWA PRODI S1 PTI 2013 UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Ilham Setyo Nugroho

Abstrak


ABSTRAK

Nugroho, Ilham Setyo. 2017. Hubungan Hasil Belajar Matakuliah Basisdata serta Komunikasi Data dan Jaringan Komputer dalam Menunjang Perolehan Hasil Belajar pada Matakuliah Basisdata Terdistribusi Mahasiswa Prodi S1 PTI 2013 Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Wahyu Sakti Gunawan Irianto, M.Kom. (2) Dr. Eng Anik Nur Handayani, S.T., M.T.

Kata Kunci: hasil belajar, matakuliah prasyarat, matakuliah keahlian berkarya

Hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh baik buruknya proses pembelajaran. Apabila proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik, maka akan berpengaruh terhadap pencapaian keberhasilan tujuan pembelajaran. Keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran matakuliah dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik setelah proses pembelajaran berlangsung. Matakuliah Keahlian Berkarya seperti Basisdata serta Komunikasi Data dan Jaringan Komputer menjadi matakuliah yang dapat dijadikan acuan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran dari matakuliah pilihan Basisdata Terdistribusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matakuliah prasyarat dalam menunjang perolehan hasil belajar pada matakuliah Basisdata Terdistribusi pada mahasiswa prodi S1 PTI 2013 Universitas Negeri Malang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kuantitatif dan kualitatif dengan penjabaran deskriptif korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika 2013 yang memprogram matakuliah pilihan Basisdata Terdistribusi yang berjumlah 44 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan simultan sebesar 26.2% yang signifikan antara hasil belajar matakuliah prasyarat dalam menunjang perolehan hasil belajar matakuliah Basisdata Terdistribusi. Secara parsial, terdapat hubungan yang signifikan antara: (1) matakuliah Basisdata (X1) dalam menunjang matakuliah Basisdata Terdistribusi (Y) sebesar 11.3%; (2) matakuliah Praktikum Basisdata (X2) dalam menunjang matakuliah Basisdata Terdistribusi (Y) sebesar 8.8%; (3) matakuliah Praktikum Komunikasi Data dan Jaringan Komputer (X4) dalam menunjang matakuliah Basisdata Terdistribusi (Y) sebesar 6,0%. Pada matakuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer (X3) terdapat hubungan yang tidak signifikan dalam menunjang matakuliah Basisdata yaitu sebesar 0.1%.