SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sistem Informasi Evaluasi Pembelajaran untuk Mata Kuliah Teori pada Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Hendi Eko Ginanjar

Abstrak


ABSTRAK

 

Ginanjar, Hendi Eko. 2016. Sistem Informasi Evaluasi Pembelajaran untuk Mata Kuliah Teori pada Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom., (2) M. Jauharul Fuady, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: sistem informasi, evaluasi pembelajaran, web, prototip, blackbox.

Kegiatan evaluasi pembelajaran merupakan hal wajib yang dilaksanakan dalam dunia pendidikan. Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk mengetahui hasil dari proses pembelajaran yang telah dilakukan.Faktualnya, evaluasi pembelajaran di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang masih dilakukan secara manual. Contoh evaluasi pembelajaran ini berupa pemberian kuis dan ujian dengan cara memberikan soal tertulis oleh dosen sebagai pengajar, kemudian mahasiswa langsung mengerjakan di lembar jawaban yang telah disediakan. Untuk tugas mata kuliah, maha¬siswa diberikan soal yang dikerjakan individu atau kelompok, yang kemudian dikumpulkan se¬cara online melalui email. Untuk penilaian dari hasil evaluasi pembelajaran tersebut, juga dilaku¬kan secara langsung oleh dosen pengajar yang bersangkutan.

Berdasarkan kondisi tersebut, cara manual masih memiliki beberapa kelemahan seperti dosen yang berhalangan hadir atau umpan balik yang dilakukan dosen tidak bisa langsung tersampaikan kepada tiap mahasiswa. Oleh karena itu akan lebih baik jika dilakukan proses evaluasi pembelajaran yang di¬kemas dalam sebuah sistem yang terintegritas dengan memanfaatkan sistem informasi berbasis web.Sistem yang dapat membuat evaluasi pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien serta mampu me¬laku¬kan pengujian secara cepat, tepat dan memudahkan dalam melakukan pengujian serta pe¬nilai¬an itu sendiri.Diharapkan semuakendala yang ditemui pada saat menjalankan cara manual dapat diperkecil atau bahkan dihi¬langkan.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan tujuan untuk mengembangkan sistem informasi akademik khususnya sistem informasi evaluasi pembelajaran untuk matakuliah teori di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Model pengem¬¬bang¬an sistem informasi yang digunakan ialah modelprototipdari Roger S. Pressman. Pengujian pada penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan peng¬ujian fungsionalitas dan usabilitas sistem menggunakan uji black box. Hasil uji coba produk menunjukkan rata-rata persentase aspek fungsionalitas sebesar 100.00% dan rata-rata persentase aspek usabilitas sebesar 93.96%. Dengan demikian Evaluate dinyatakan layak untuk digunakan sebagai sistem informasi eva¬lu¬asi pembelajaran di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.